Bagaimana Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang adalah darah tinggi atau hipertensi. Penyebab umum meningkatnya tekanan darah atau hipertensi ini adalah disebabkan karena faktor gaya hidup yang keluar dari jalur sehat.

Hipertensi merupakan suatu penyakit yang apabila tidak bisa terkontrol dengan baik, maka bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit lain seperti gangguan jantung dan stroke.

sumber gambar : tribunnews.com

Kabar baiknya adalah ada cara alami yang bisa anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah agar tetap stabil, diantaranya :

1. Olahraga
Cara pertama untuk menurunkan tekanan darah secara alami adalah dengan rutin melakukan olahraga. Selain itu olahraga secara teratur juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa, jika anda bisa melakukan olahraga rutin setiap hari selama 30 menit dan berlangsung selama tujuh hari, maka terbukti bisa menurunkan tekanan darah hingga 4-9 mmHg.

Baca Juga  Inilah Penyebab Mengapa Wanita Hamil Suka Emosional dan Sensitif

2. Tarik napas dalam-dalam
Cara alami kedua untuk bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi adalah dengan sering latihan pernapasan. Caranya adalah dengan berusaha menarik napas dalam, kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Kebiasaan ini bisa membuat tubuh kita terasa lebih rileks dan mengurangi stres. Selain itu kebiasaan baik ini juga bisa berdampak pada turunnya tekanan darah yang tinggi.

3. Rileksasi
Teknik relaksasi memang sudah terbukti secara ilmiah bisa membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Berbeda dengan saat kita sedang emosi, marah atau stres yang bisa memicu meningkatkanya hormon tertentu yang bisa mempengaruhi kinerja jantung, pembuluh darah menjadi lebih sempit, dan bisa berdampak pada meningkatnya tekanan darah.

Namun dengan teknik relaksasi, maka bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks, nyaman dan santai sehingga menurunkan tingkat stres dan depresi yang sangat mempengaruhi tekanan darah.

Baca Juga  Inilah Rumah Sakit Terbaik di Amerika Serikat

4. Kurangi kopi dan alkohol
Cara alami ke empat untuk menurunkan tekanan darah secara alami adalah dengan cara mengurangi konsumsi kopi dan alkohol. Bukan hanya itu saja, sering konsumsi alkohol juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bagi seseorang yang sensitif pada minuman yang mengandung kafein dan alkohol, maka mengkonsumsinya bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Dengan demikian bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Jenis minuman yang bisa membuat kita lebih rileks dan bisa berdampak sangat baik bagi tekanan darah adalah dengan sering mengkonsumsi teh.

5. Makan blueberry dan yoghurt
Cara alami terakhir untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan sering mengkonsumsi blueberry dan yogurt.

Baca Juga : Makanan Apa Saja Yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil studi yang dilakukan di Florida University yang dilakukan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa jika seseorang bisa rutin setiap hari mengkonsumsi blueberry, maka bisa menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah terhindar dari kekauan.

Baca Juga  Penyebab Sering Merasa Ngantuk Selain Kurang Tidur

Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi probiotik seperti yang banyak terkandung dalam yogurt juga bisa menyebabkan tekanan darah kita menjadi turun. Selain itu probiotik juga dikenal banyak memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan dan gula darah.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *