Bagaimana Cara Menjauhkan Anak Dari Gadget ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Fenomena munculnya gadget memang memberikan banyak kemudahan bagi semua orang. Dengan manfaat yang begitu besar, maka setiap orang tidak bisa lepas dengan yang namanya gadget. Bahkan kondisi ini juga terjadi pada anak yang ternyata sangat suka menggunakan gadget.

 

Bagi orang dewasa menggunakan gadget bukan menjadi sebuah masalah. Namun bagi seorang anak, kecanduan gadget akan berdampak buruk bagi kesehatan dan mentalnya. Lantas bagaimana cara menjauhkan anak dari gadget ?

anak-bermain-gadget

sumber gambar : http://fakta.co.id/

Sebenarnya anak tidak harus sama sekali tidak bermain gadget, anak dibolehkan bermain gadget asal tidak berlebihan. Namun pada kenyataannya sangat sulit sekali membatasi anak dalam menggunakan gadget. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak :

Baca Juga  Jangan Biasakan Menganggap Remeh Virus Flu Karena Bisa Menyebabkan Kematian

 

Anda harus menjadi contoh yang baik

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua agar anak tidak kecanduan menggunakan gadget adalah dengan memberikan teladan atau contoh yang baik kepada anak. Banyak orang tua yang melarang anak bermain gadget, namun pada saat tertentu ketika bersama anak justru orang tua asyik menanggapi pesan di media sosial.

 

Menurut para pakar kesehatan dan psikolog anak mengatakan bahwa teladan yang baik adalah cara terbaik untuk mendidik anak sesuai yang kita inginkan. Misalnya saja kita ingin agar anak kita tidak kecanduan gadget, maka orang tua harus memberikan contoh kalau tidak menggunakan gadget berlebihan.

 

Tahukah anda bahwa apa yang dilakukan anak kita tidak lepas dari apa yang sudah kita contohkan kepada anak. Kalau orang tua suka merah, maka jangan heran jika anak menjadi pribadi yang suka marah.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Pasangan Enggan Untuk Berhubunagan Seksual

 

Jangan mengambil gadget anak Anda sebagai hukuman

Banyak sekali kita menjumpai orang tua yang karena sebal melihat anaknya terus bermain gadget, maka secara spontan orang tua mengambil gadget tersebut dan menjadikannya sebagai hukuman agar tidak lagi bermain gadget. Ternyata kebiasaan ini kurang baik karena justru membuat anak menjadi benci pada orang tuanya.

 

Saat makan adalah waktu bebas dari gadget

Tips ketiga yang bisa dilakukan orang tua agar untuk menjauhkan gadget dari anak adalah dengan membuat momen tertentu yang bebas dari kegiatan gadget. Misalnya saja saat makan, jangan biasakan anak makan sambil bermain gadget. Budayakan anak untuk fokus saat makan dengan diselingi cerita yang bisa anda ceritakan kepada anak yang memberikan sebuah unsur pendidikan.

Baca Juga  Penyakit Yang diderita Fitri Tropika Yang Membuatnya Susah Hamil

Baca Juga : Sarankan Anak Untuk Bermain di luar Agar Terhindar Dari Obesitas

 

Dengan membiasakan hal tersebut anak akan benar-benar terbebas dengan yang namanya gadget dan lebih fokus dengan kebersamaan dengan orang tua.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *