Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan ?

header niko 728 x 90

tips meningkatkan daya tahan tubuh

InspirasiBersama.com – Saat awal tahun seperti sekarang ini adalah puncak musim hujan bagi kebanyakan wilayah di Indonesia. Sekarang ini hampir setiap hari kita selalu melihat hujan yang turun, bahkan terbilang agak jarang melihat sinar matahari terik menyinari. Hal ini membuat lingkungan disekitar kita menjadi lebih lembab dan rentan pertumbuhan bakteri. Maka tak heran saat musim hujan datang banyak diantara kita yang terserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh akibat pergantian musim dan lingkungan yang lembab sehingga membuat pertumbuhan bakteri dan virus. lantas bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan ?

Baca Juga  Penyebab Rambut Yang Tumbuh di Area Payudara dan Bagian Tubuh Yang Lain

Hal yang paling berperan agar kita tidak mudah terserang penyakit adalah sistem imun tubuh kita. Saat musim hujan, biasanya sistem imun mengalami penurunan dikarenakan pergantian musim sehingga tubuh kita memerlukan adaptasi. Bagi mereka yang sistem imun tubuhnya lemah, maka akan sangat mudah terserang penyakit saat musim hujan tiba. Sistem imun terdapat pada amandel, kelenjar getah bening, limpa dan sumsum tulang.

Selain itu saat musim hujan datang, sebagian orang merasa malas melakukan olahraga di luar rumah dengan alasan suhu yang dingin dan lingkungan yang tergenang air. Padahal olahraga secara rutin sangat bagus dalam pembentukan sel-sel yang mampu memperkuat sistem imun tubuh secara alami. Hal inilah yang menyebabkan orang mudah sakit saat musim hujan datang.

Baca Juga  Hasil Survei : Karyawan Wanita Lebih Rentan Tergoda Selingkuh Dengan Rekan Kerja

Saat musim hujan datang, kebanyakan orang akan terdorong untuk banyak makan karena suhu udara yang dingin. Hal ini akan berdampak buruk karena bisa memicu obesitas. Dengan melakukan olahraga secara teratur maka kita bisa terhindar dari berat badan yang berlebih. Kita semua tahu bahwa obesitas menjadi sumber banyak penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain melakukan olahraga secara teratur, tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan adalah menjaga kualitas makanan yang kita konsumsi. Batasi makanan yang banyak mengandung gula dan lemak jahat yang berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Selain itu anda juga perlu menjaga pola tidur yang cukup agar sistem kekebalan tubuh kita menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit walaupun saat musim hujan.

Baca Juga  Apa Sich Rahasia Kecantikan Seorang Khloe Kardashian ?

 

Artikel Terkait : Dampak Negatif Jika Tubuh Jarang Bergerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *