Bagaimana Cara Menilai Tubuh Dikatakan Sehat ?

header niko 728 x 90

mengukur lingkar pinggang

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang menganggap bahwa orang yang sehat selalu identik dengan berat badan yang ideal. Namun dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity menyatakan bahwa ada sekitar 54 juta orang Amerika yang tergolong obesitas berdasarkan indeks massa tubuh (IMT) ternyata memiliki tubuh yang sehat. Lantas bagaimana cara menilai tubuh dikatakan sehat ?

Memiliki tubuh yang sehat bebas dari penyakit adalah impian bagi setiap orang. Dengan terbebas dari berbagai macam penyakit, maka kita bisa menikmati hidup dengan indah bersama orang-orang yang kita cintai. Disamping itu dengan tubuh yang sehat kita bisa bebas melakukan aktivitas yang kita sukai misalnya traveling yang membuat hati kita bahagia.

Menurut para ahli, dari pada kita pusing menilai berat badan ideal berdasarkan patokan IMT, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan berikut ini untuk mengetahui atau mengukur tingkat kesehatan seseorang :

Baca Juga  Sulit Mengendalikan Nafsu Makan ? Anda Harus Rutin Berolahraga

 

Lingkar pinggang

Cara pertama untuk mengukur kesehatan seseorang adalah dengan cara mengukur lingkar pinggang. Apabila perut kita tergolong buncit atau gendut, maka besar kemungkinan kita beresiko terkena penyakit yang serius seperti jantung dan diabetes. Hal ini dikarenakan perut yang buncit sebagai indikator banyaknya penumpukan lemak.

Caranya adalah kita bisa melakukan mengukur lingkar pinggang kita masing-masing dengan menggunakan tali meteran disekitar pusar kita. Bagi seorang wanita, lingkar pinggang dikatakan normal atau sehat jika kurang dari 89 cm.

 

Hitung denyut jantung

Langkah selanjutnya untuk mengukur kesehatan kita adalah melakukan hitung denyut jantung. Caranya adalah lakukan perhitungan denyut nadi anda pada saat kita sedang santai duduk manis atau berbaring. Anda bisa menghitung nadi pada pergelangan tangan atau leher. Apabila jumlah nadi anda sekitar 60-100 kali permenit, maka artinya jantung kita masih sehat.

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Penyakit Sirosis Hati

Detak jantung atau nadi yang normal bisa menjadi indikator kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Apabila ternyata jumlah denyut nadi kita lebih dari 100 kali permenit, itu artinya takikardi atau detak jantung yang cepat yang menjadi indikasi masalah pada jantung. Begitu pula jika ternyata detak jantung kita kurang dari 60 kali permenit, maka jantung kita mengalami bradikardi atau detak jantung yang kurang dari normal.

Baca Juga : Suara Bising Bisa Memicu Penyakit Jantung

 

Baca Juga  Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Resiko Stroke

Persentase lemak tubuh

Untuk melakukan pemeriksaan prosentase lemak tubuh anda bisa melakukannya disebuah pusat kebugaran atau tempat klinik fisioterapi. Ada sebuah mesin khusus yang digunakan untuk mengukur lemak tubuh. Hal ini berbeda dengan pengukuran menggunakan pedoman IMT. Secara normal, lemak pada wanita berkisar antara 20 – 32 persen.

Itulah beberapa cara menilai tubuh dikatakan sehat. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait : Tips Memiliki Jantung Yang Sehat Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *