Bagaimana Cara Menikmati Mie Instan Agar Lebih Sehat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian besar orang Indonesia menganggap mie instan sebagai makanan yang sangat enak dan sering kali menjadi menu keseharian. Bahkan tak sedikit orang yang merasa ketagihan dengan mie instan. Namun sayangnya berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa konsumsi mie instan secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa penyakit yang dikaitkan dengan keseringan konsumsi mie instan adalah diabetes, obesitas dan hipertensi.

sumber gambar : http://nindrawati.blogdetik.com

Meskipun demikian bukan berarti mie instan adalah makanan yang terlarang dan tak boleh dikonsumsi. Untuk menurunkan efek buruk dari mie instan para pakar kesehatan menyarankan untuk memperhatikan cara memasaknya. Ada beberapa tips memasak mie instan agar lebih sehat dan mengurangi efek samping buruk bagi kesehatan :

Baca Juga  Penderita Diabetes Sangat disarankan Untuk Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Jangan memasukkan semua bumbu
Cara menikmati mie instan agar lebih sehat adalah dengan memasukkan sebagian dari bumbunya saja. Saat kita memasak mie instan, akan ada banyak jenis bumbu yang disediakan oleh pabrik untuk memberikan rasa yang nikmat. Namun ternyata sebagian besar bumbu yang ada di mie instan mengandung banyak natrium yang apabila masuk dalam jumlah besar dalam tubuh kita akan memicu hipertensi atau meningkatnya tekanan darah. Jadi sebaiknya jangan memasukkan semua bumbu mie instan saat memasaknya.

Baca Juga  Cara Aman Mengkonsumsi Daging Olahan

Jangan lupa sayur
Cara sehat kedua menikmati mie instan agar lebih sehat adalah dengan menambahkan sayur. Kita tahu bahwa mie instan adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan kalori. Untuk memberikan keseimbangan di dalam tubuh, maka sebaiknya kita campur dengan sayuran yang kaya nutrisi dan serat sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Ada banyak jenis sayur yang bisa dicampurkan pada mie instan yang membuat mie instan menjadi lebih nikmat seperti sawi, wortel, tomat dan buncis.

Batasi konsumsinya
Yang terakhir adalah kita harus sebisa mungkin untuk membatasi konsumsi mie instan. Kalau kita termasuk orang yang ketagihan mengkonsumsi mie instan, maka bisa dipastikan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan dalam jangka panjang. Jika kita ingin memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari resiko penyakit, maka sebaiknya membatasi konsumsi mie instan.

Baca Juga  Inilah Waktu yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan

Artikel Terkait : Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *