Bagaimana Cara Mengurangi Porsi Makan Dengan Mudah ?

mengurangi porsi makan

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang merasa kesulitan saat berusaha mengurangi porsi makan. Padahal porsi makan sangat menentukan ideal tidaknya berat badan seseorang. Untuk mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan suatu program diet, maka tidak hanya olahraga rutin saja tetapi mengurangi porsi makan juga sangatlah penting. Bagaimana cara para ahli dalam mengurangi porsi makan, berikut tipsnya :

1. Menaruh snack pada piring, bukan makan dari bungkusnya.

Saat anda makan snack, maka cobalah untuk menuangkan ke dalam wadah. Dengan anda melakukan ngemil model ini anda akan dapat melihat seberapa besar kalori yang akan anda konsumsi karena akan terlihat langsung oleh mata kita. Berbeda saat kita ngemil snack langsung dengan bungkusnya maka kita tidak akan bisa melihat langsung berapa besar kalori yang akan masuk pada tubuh kita. Untuk itu kita sulit mengontrol kalori yang masuk.
2. Gunakan piring kecil.

Baca Juga  Terbukti Secara Ilmiah Bahwa Suka Masak Sendiri di Rumah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi menu makanan dengan menggunakan diameter piring yang lebih kecil akan bisa membuat kita bisa mengurangi porsi makan sampai 30 persen. Dengan demikian kita akan terjaga dari konsumsi makan secara berlebihan yang bisa memicu kegemukan.
3. Nuansa biru.

Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan piring yang sewarna dengan menu makan, akan membuat kita cenderung makan lebih banyak. Misalnya kita makan nasi dengan menggunakan piring yang berwarna putih juga.

Baca Juga  Alasan Remaja Beresiko Besar Tertular HIV

Dengan mengganti piring dengan warna biru, akan membuat makanan yang berada pada piring tersebut serasa lebih banyak dan bisa berefek pada menurunnya nafsu makan. Untuk menjaga berat badan yang ideal model makan seperti ini sangat baik.
4. Letakkan buah dan sayuran pada bagian depan kulkas agar mudah terlihat

Dengan mensiasati meletakkan menu buah-buahan pada bagian depan kulkas kita, maka saat kita membuka kulkas yang ada adalah keinginan untuk makan buah-buahan yang terlihat oleh mata. Berbeda jika anda menaruh snck tertentu pada bagian depan, maka selera kita akan tertuju pada snack tersebut. Ngemil buah-buahan sangat bagus bagi kesehatan dan mendapatkan berat badan yang ideal.
5. Bermain Tetris.

Baca Juga  Orang Yang Kurang Minum Bisa Menyebabkan Obesitas dan Tekanan Darah Tinggi

Pernahkah anda merasa nafsu makan memuncak ?. Jika pernah untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan kegiatan game. Berdasarkan penelitian bermain game bisa mengurangi keinginan ngemil yang berlebihan yang bisa meningkatkan resiko kegemukan dan obesitas.

 

Artikel Terkait : Tips Langsing Unik Dengan Cara Makan Depan Cermin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *