Bagaimana Cara Menghilangkan Pikiran Untuk Bunuh Diri ?

header niko 728 x 90

depresi berat

InspirasiBersama.com – Keinginan bunuh diri bisa saja muncul pada setiap orang yang dalam kondisi stres berat, putus asa dan tidak memiliki banyak dukungan dari orang lain. Ini menjadi hal yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Lantas bagaimana cara menghilangkan pikiran untuk bunuh diri ?

Tahukah kita bahwa jika ada seseorang yang sudah pernah berniat untuk melakukan bunuh diri, kemudian tidak jadi menjalankannya karena beberapa hal maka mereka akan merasa lebih bersyukur karena dulu tidak jadi melakukan bunuh diri. Ini adalah sebuah fakta bagi anda yang saat ini mempunyai pikiran untuk bunuh diri.

Sebenarnya ada banyak penyebab seseorang sampai melakukan bunuh diri. Biasanya masalah yang muncul akan bertubi-tubi yang menyebabkan penderita merasa putus asa, stres berat, merasa tidak berguna lagi dan merasa tidak ada orang yang mendukung dia atau sayang padanya. Saat semua kondisi dirasakan, maka muncullah keinginan untuk melakukan bunuh diri.

Baca Juga  Dampak Negatif Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Membuat Bodoh

Baca Juga : Tips Mengatasi Kesepian Dengan Beberapa Kegiatan

Mempunyai pikiran untuk bunuh diri merupakan pikiran yang salah. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, bunuh diri menjadi pilihan yang konyol. Mereka beranggapan dengan melakukan bunuh diri bisa membuat masalah yang dihadapi bisa hilang, namun anda harus tahu belum tentu orang yang melakukan bunuh diri berakhir dengan kematian. Banyak mereka yang mencoba bunuh diri tidak berakhir dengan kematian, justru akan memperberat masalah yang sedang dihadapi.

Apabila saat ini anda mempunyai keinginan untuk bunuh diri, cobalah untuk mengungkapkan masalah anda dengan teman dekat atau siapapun yang menurut anda bisa dipercaya. Cobalah untuk meminta tanggapan teman kita bagaimana seharusnya yang kita lakukan. Dengan begitu kita akan merasa punya teman yang bisa membantu.

Baca Juga  Apa Dampaknya Jika Sering Mengalami Gula Darah Tinggi

Selain itu saat kita mengalami stres berat, masalah menumpuk tak kunjung selesai, jangan sekali-kali memperberat dengan minum alkohol. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa saat banyak masalah, minum alkohol bisa menjadi solusi menghilangkan masalah pada pikiran kita. Padahal ini merupakan pikiran yang salah, dengan konsumsi alkohol justru akan membuat perilaku kita menjadi impulsif.

Apabila saat ini anda merasa banyak masalah, stres, dan berkeinginan untuk melakukan bunuh diri. Cobalah untuk berkumpul dengan orang lain, teman, keluarga anda, membaca buku, beristirahat yang cukup, curhat dengan teman. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka kita bisa meringankan beban pada pikiran kita.

Yang terpenting untuk menghindari keinginan bunuh diri adalah mencari penyebab yang membuat kita berkeinginan untuk bunuh diri. Apakah pikiran ini disebabkan karena banyaknya masalah, dikhianati orang yang kita cintai, depresi, atau hal-hal yang lain. Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan psikiater tentang apa yang anda alami dan bisa memecahkan masalah yang anda hadapi.

Baca Juga  Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

Hal sepele yang banyak dilupakan seseorang saat merasa stres, sedih dan putus asa adalah mendekatkan diri dengan Pencipta. Kalau anda beragama Islam cobalah untuk sholat berjamaah, banyak mengingat Allah dan bersedekah. Dengan begitu maka hati kita akan jauh lebih tenang, bisa berfikir secara jernih dan positif terhadap hidup.

Artikel Terkait : 3 Tips Agar Mempunyai Pikiran Yang Positif

One comment

  • mawar

    Saat ini saya merasa capek dan ingin mati. Teman yang seharusnya mendukung malah menjauh dan menyakiti. Karena dia merasa saya tidak cantik tidak langsing. Saya tau pasti di otaknya hanya penghinaan kalau saya lemah dan tdk dewasa. Saya berusaha utk tdk memikirkan kekecewaan demi kekecewaan yang menimpa saya. Tapi bila ingat lagi maka keinginan mati atau tidur lebih panjang selama2nya semakin tinggi. Saya benci pria2 yg mempermainkan wanita tanpa pikir dampak psikologis wanitanya. Salahkah saya jika berpikir bhw setiap wanita normal pasti ingin bahagia dengan menikah. Saya tidak perduli jika ada wanita yg dengan sombong bicara tak butuh pria. Karena saya berpikir berbeda. Jika saya buat aduan begini saya tau ada yang mencibir. Dan sekarang saya tak peduli sbb jujur saya butuh teman bicara bukan teman yg mau bicara dengan saya lalu berharap dapat sex. Saya tak mau laki2 yg suka memanfaatkan kesedihan wanita masuk dalam hidup saya. Saya sungguh perlu teman curhat. Saya urgently need husband saat bicara begitu ada seseorang yang sebelum mendelcon saya bicara kasar dan ucapannya mau membuat saya ingin mati cepat. Orang ini berkata saya selalu menginginkan pria dan tidak bisa buka pikiran saya. Itu orang sangat tidak berperikemanusiaan dan buat hati saya sakit dan pingin mati. Belum rekan2 seiman malah mengicar saya dan meyudutkan saya pada hal2 yg tdk saya lakukan. Jangan balas saya kalo hanya mau menawarkan kesenangan sesaat dan jangan balas saya kalo anggap saya bodoh dan kalian mau judge saya. Cukup saya tdk mau dipermalukan lagi dan jangan jawab saya kalo kalian mau pelecehan seksual lagi. Cari orang lain jika ingin begitu stop bully dan sakiti saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *