Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Gatal Saat Kehamilan ?

header niko 728 x 90

gatal pada wanita hamil

InspirasiBersama.com – Apakah anda pernah merasakan rasa gatal saat hamil ? Bagi kebanyakan wanita hamil akan merasakan rasa gatal pada bagian perut yang biasanya terjadi pada usia kehamilan menginjak trimester ke tiga. Hal ini dikarenakan karena pada usia kehamilan trimester ke tiga perut sang ibu mengalami pembesaran yang lebih sehingga secara otomatis kulit akan meregang. Hal inilah yang membuat rasa gatal. Lantas bagaimana cara mengatasi rasa gatal saat kehamilan ?

 
Apakah rasa gatal ini bersifat berbahaya atau tidak ? Kasus terjadinya rasa gatal pada ibu hamil biasanya bersifat ringan. Artinya rasa gatal akan hilang dengan sendirinya jika sudah persalinan. Rasa gatal yang terjadi pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena perubahan keseimbangan hormon.
Ada beberapa cara yang bisa para ibu lakukan jika mengalami rasa gatal saat kehamilan, diantaranya :

– Cara pertama yang bisa para ibu lakukan adalah memilih jenis sabun mandi yang memiliki kadar pH yang rendah. Sabun yang memiliki kadar pH yang rendah biasanya memiliki kandungan kimiawi yang lebih rendah. Anda bisa memilih jenis sabun bayi yang memiliki kadar pH lebih seimbang yang memiliki efek lebih baik ke kulit.

Baca Juga  Efek Samping Melakukan Diet Menurunkan Berat Badan Bagi Remaja

– Bagi anda yang sebelumnya suka dengan mandi menggunakan air hangat, maka untuk sementara hindari dahulu. Hal ini dikarenakan saat kita mandi air hangat akan membuat kulit kita semakin kering dan terasa sangat gatal.

– Tips ke dua adalah mandi dengan menggunakan oatmeal. Sebuah hasil penelitian diketahui bahwa oatmeal mempunyai manfaat bisa menormalkan pH pada kulit. Hal ini dikarenakan dalam oatmeal mengandung banyak manfaat nutrisi bagi kulit seperti zat besi, selenium, tembaga dan niasin. Anda bisa mencampurkan beberapa sendok oatmeal ke dalam air mandi anda dan lakukan berendam selama beberapa menit.

– Anda bisa melakukan sering mengoleskan pelembab pada kulit untuk menghindari rasa gatal. Anda bisa memilih jenis lotion atau pelembab yang bisa menghilangkan strech marks tanpa pewangi dan tidak mengandung alkohol. Anda juga bisa memilih baby oil untuk sebagai pelembab.

Baca Juga  Manfaat Terong Bagi Kesehatan

– Rasa gatal pada area strech marks pada ibu hamil juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang bisa bermanfaat menghilangkan rasa gatal pada kulit serta membuat pH kulit lebih stabil.

– Saat terjadi rasa gatal-gatal pada kulit perut ibu hamil, maka kita bisa mengatasinya dengan melakukan kompres dingin. Lakukan secara perlahan. Hal ini lebih baik dari pada anda menggaruknya.

– Banyak orang yang menggaruk kulit saat terjadi rasa gatal. Mereka beranggapan bahwa dengan cara menggaruk, maka rasa gatal akan berkurang. Namun yang terjadi adalah rasa gatal akan bertambah dan sering menimbulkan iritasi pada kulit. Untuk itu sangat tidak disarankan menggaruk saat terjadi rasa gatal pada kulit.

Baca Juga  Penyebab Rambut Yang Tumbuh di Area Payudara dan Bagian Tubuh Yang Lain

– Bagi ibu hamil yang kerap mengalami rasa gatal, maka disarankan untuk menggunakan pakaian yang berbahan dasar katun, longgar dan bisa menyerap keringat dengan baik. Hal ini akan menghindarkan rasa gatal pada kulit.

– Saran selanjutnya adalah minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi sekaligus mampu menjaga kelembaban kulit.

– Apabila rasa gatal yang dialami oleh ibu hamil tidak bisa hilang dengan melakukan beberapa cara diatas, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Artikel Terkait : Apa Dampaknya Jika Jarang Mencuci Handuk ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *