Bagaimana Cara Mengatasi Mudah Ngantuk Saat Puasa Ramadhan ?

header niko 728 x 90

ngantuk saat puasa

InspirasiBersama.com – Saat datang bulan Ramadhan seperti saat ini umat Muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun saat menjalankan puasa, tidak jarang kita merasakan mudah ngantuk. Bagi yang setiap harinya harus bekerja, kondisi ini tentu mengurangi produktivitas kita. Lantas bagaimana cara mengatasi mudah ngantuk saat puasa bulan Ramadhan ?

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasinya, lebih bagus kita mengenal tentang kesehatan tidur terlebih dahulu. Tahukah kita berdasarkan seorang pakar kesehatan tidur mengatakan bahwa kebanyakan seseorang yang mengalami mudah ngantuk bukan disebabkan karena rasa lapar atau tidak makan, namun lebih disebabkan karena kurang waktu tidur.

Secara alami, setiap manusia akan merasakan rasa ngantuk pada saat-saat tertentu. Misalnya yang paling sering terjadi adalah pada siang hari. Meskipun tidak dalam keadaan puasa atau tidak, rasa ngantuk pada siang hari akan datang secara alami. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun dalam kondisi perut yang kenyang kita juga akan merasakan ngantuk pada siang hari.

Baca Juga  Bahaya Kesehatan Mempunyai Pasangan Perokok

Saat seseorang menjalankan ibadah puasa, maka akan terjadi banyak perubahan pola tidur dan pola makan. Perubahan ini kerap menyebabkan kita merasakan lemas, ngantuk dan menurunnya konsentrasi otak.

Baca Juga : Bahaya Ngantuk Berlebihan Pada Siang Hari

Untuk mengatasi pola tidur yang berubah saat bulan puasa, maka menurut para ahli kesehatan mendorong kita untuk melakukan tidur setelah kita melakukan sahur pada pagi hari. Meskipun Cuma sebentar hal ini akan memberikan efek yang positif agar kita terhindar dari rasa ngantuk.

Baca Juga  Bisakah Seorang Anak Mengalami Kolesterol Yang Tinggi ?

Bukan hanya itu saja, saat kita beraktivitas bekerja dan pada saat jam istirahat bisa kita manfaatkan untuk melakukan tidur siang sejenak. Waktu istirahat itu biasa kita gunakan untuk makan siang, namun karena dalam kondisi puasa maka bisa kita manfaatkan untuk tidur sejenak.

Menurut kesehatan tidur, melakukan tidur siang sejenak memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Ini bukan berarti kita malas untuk beraktivitas, namun lebih untuk memberikan kesempatan tubuh untuk kembali fresh, semangat, produktif dan meningkatkan konsentrasi otak.

Berapa lama waktu yang dinilai cukup untuk melakukan tidur siang ? Menurut para ahli melakukan tidur siang selama 30 menit sudah cukup untuk membuat tubuh kita kembali segar. Hal ini berbeda dengan waktu tidur yang kita lakukan pada malam hari yang membutuhkan lebih banyak waktu sekitar 7-8 jam.

Baca Juga  Luar Biasa, Burung Merpati Ternyata Sangat Ahli Deteksi Kanker Payudara

Selain itu penting juga untuk tidak melakukan begadang pada malam hari selama bulan puasa. Jika kita begadang maka besar kemungkinan akan merasakan ngantuk yang berlebihan apalagi jika kita pada pagi harinya harus aktif bekerja. Kondisi yang ngantuk saat berangkat kerja juga bisa mengancam keselamatan kita dijalan.

Artikel Terkait : Tidak Dianjurkan Tidur Siang Terlalu Lama

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *