Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Kram ?

header niko 728 x 90

kaki kram

InspirasiBersama.com – Saat kita enak-enak berjalan, duduk santai atau sedang tidur kemudian mendapati kaki kram tentu sangat mengganggu. Banyak orang yang merasakan kram dan mengaku sangat menyiksa. Yang ada dipikiran kita saat kita kram adalah bagaimana caranya agar kram bisa kita atasi dengan secepat-cepatnya. Untuk itu penting mengetahui bagaimana cara mengatasi kaki yang kram.

Kram yang sering terjadi pada kaki, ternyata mempunyai banyak penyebab. Untuk mengatasi kram pada kaki penting untuk mengetahui penyebabnya dan cara efektif untuk mengatasinya :

 

Penyebab kram kaki
Banyak orang yang beranggapan bahwa kram yang sering terjadi terutama pada kaki disebabkan karena banyaknya aktivitas fisik atau saat kita kelelahan. Padahal anggapan ini adalah salah.

Menurut ilmu kedokteran penyebab dari adanya kram pada kaki lebih disebabkan karena adanya defisensi nutrisi dalam tubuh kita. Artinya adalah adanya ketidakseimbangan kadar elektrolit pada tubuh kita yang bisa disebabkan karena banyaknya cairan tubuh yang hilang saat kita berolahraga.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Bila Kita Keracunan Sianida ?

Saat terjadi ketidakseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh kita yang meliputi kalium, natrium, magnesium dan kalsium. Maka otot-otot yang ada pada anggota gerak, terutama pada kaki akan berkontraksi secara mandiri yang menimbulkan kekakuan pada otot.

Kejadian kram pada kaki juga sering kita jumpai pada seorang atlet yang tidak melakukan pemanasan sebelum dan sesudah berolahraga.

 

Bagaimana menghentikan kram kaki dengan cepat?
Nah ini yang paling penting, bagaimana cara mengatasi kaki yang kram dengan segera ?. Cara cepat untuk meredakan kram dengan segera adalah dengan cara menarik jari-jari kaki ke arah kita. Menarik jari-jari kaki membuat otot kaki yang kram bisa kembali rileks.

Selain menarik-narik jari kaki yang kram, anda juga bisa melakukan penekanan langsung pada otot yang kram. Tekanan langsung pada area kram bisa membantu meningkatkan aliran darah sehingga kram bisa teratasi. Selain menekan langsung pada area yang kram, anda juga bisa meredakannya dengan cara melakukan kompres dengan menggunakan air yang hangat.

Baca Juga  Tindakan Segera Yang Harus dilakukan Saat Terjadi Serangan Jantung

Setelah anda mengalami kram, maka para ahli menyerankan kita untuk minum garam secukupnya untuk menyeimbangkan kadar elektrolik dalam tubuh kita.

Selain minum air garam, untuk meredakan kram anda bisa banyak makan buah pisang dan banyak minum air putih. Kita tahu bahwa dalam buah pisang banyak mengandung elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium dan magnesium.

 

Cara mencegahnya
Apabila anda termasuk orang yang sering mengalami kram pada kaki, maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips mencegah kram pada kaki berikut :

1. Minum banyak air.

Cara mencegah kram yang pertama adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Konsumsi banyak cairan membuat tubuh kita tidak dehidrasi yang bisa memicu ketidakseimbangnya cairan dan elektrolit yang bisa membuat kita kram. Lakukan minum air yang cukup sekitar 8-9 gelas perhari.

2. Konsumsi lebih banyak magnesium.

Cara mencegah kram selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung magnesium. Jenis makanan yang banyak mengandung magnesium adalah pisang, sayuran yang berwarna hijau, alpukat, biji-bijian dan ikan.

Baca Juga  Kolesterol Baik Dalam Tubuh Bisa Rusak Karena Paparan Polusi Kendaraan

3. Gosok kaki Anda secara teratur.

Anda bisa melakukan sering menggosok kaki secara teratur setiap harinya. Sering menggosok kaki setiap hari mampu mencegah terhadap kram pada kaki.

4. Kenakan sepatu yang nyaman.

Seringnya menggunakan sepatu yang ketat dan sepatu dengan hal yang tinggi membuat otot pada kaki menjadi kaku. Kakunya otot pada kaki inilah yang bisa menyebabkan kita sering mengalami kram.

Artikel Terkait : Ternyata Kaki Bisa Menjadi Indikasi Adanya Masalah Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *