Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Pandai Bersyukur ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Orang yang pandai bersyukur akan lebih memiliki ketenangan jiwa. Oleh karena itu sikap pandai bersyukur sangat baik efeknya bagi kesehatan seseorang. Sebagai orang tua tentunya ingin memiliki anak yang pandai bersyukur. Lantas bagaimana cara mendidiknya ?

Memiliki seorang anak yang sholeh dan sholeha, menghormati orang tua dan orang lain, suka menolong, dan memiliki sikap optimis menjadi keinginan setiap orang tua. Namun kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana cara mendidiknya agar sesuai yang kita inginkan di atas ?

tips-mendidik-anak-agar-pandai-bersyukur

cara mendidik anak agar pandai bersyukur

Berikut ada beberapa cara mendidik anak agar memiliki sikap pandai bersyukur :

Baca Juga  Tips Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Sembelit

1. Menjadi contoh

Cara pertama mendidik anak agar pandai bersyukur adalah dengan menjadi sebuah contoh terbaik bagi anak. Artinya orang tua harus memberikan contoh bagaimana sifat suka bersyukur tersebut. Misalnya saja mengucapkan kata ‘terima kasih’ jika mendapatkan sesuatu dari orang lain.

Baca Juga : Tips Agar Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

2. Menunjukkan hal-hal kecil yang tidak disadarinya

Baca Juga  Minuman Yang Disukai Oleh Orang Yang Psikopat

Cara yang kedua kembali lagi kepada orang tua. Sebagai orang tua harus bisa mengajarkan anak bersyukur yang dimulai dengan hal-hal yang sangat kecil. Misalnya saja setiap hari bisa makan, sekolah dan menuntut ilmu. Ini menjadi sebuah kenikmatan yang harus disyukuri.

Mengajarkan untuk selalu bersyukur tentang hal-hal yang kecil akan mendidik anak pandai bersyukur. Banyak orang yang tidak sadar akan sebuah nikmat sehat yang wajib untuk disyukuri.

3. Terus berlatih

Mengajarkan anak sebuah teladan untuk pandai bersyukur bukan perkara yang mudah. Sebuah pembelajaran akan membutuhkan sebuah proses dan waktu. Oleh karena itu sebagai orang tua harus terus melatih anak agar suka bersyukur.

Baca Juga  Tips Agar Payudara Tidak Mudah Kendur

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Menjauhkan Anak dari Gadget ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *