Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

header niko 728 x 90

mencuci tangan yang benar

InspirasiBersama.com – Cuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat positif bagi kesehatan kita. Untuk itu penting sekali untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan sejak sedini mungkin. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mencuci tangan yang benar agar kita terhindar dari kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh ?

 

Saat ini sudah banyak sekolah anak-anak yang sudah membiasakan anak didiknya untuk melakukan cuci tangan. Biasanya mereka akan diajarkan untuk selalu cuci tangan sebelum makan, setelah memegang benda kotor, dan setelah keluar kamar mandi. Namun berdasarkan sebuah hasil penelitian masih banyak mereka yang tidak melakukan cuci tangan dengan benar.

 

Untuk tata cara mencuci tangan yang benar, akhir-akhir ini berdasarkan sebuah hasil studi terbaru tentang cara mencuci tangan yang benar yang dipublikasikan dalam jurnal Infection Control & Hospital Epidemilogy menyatakan bahwa cuci tangan sekarang ini yang dianjurkan adalah menggunakan delapan langkah. Rekomendasi ini sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hasil studi ini menggeser tentang metode cuci tangan yang sebelumnya sebanyak lima langkah yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendaliaan dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Baca Juga  Berat Badan Seseorang Juga dipengaruhi Oleh Bakteri Pada Usus

 

Menurut CDC, ada lima langkah cuci tangan yang bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit. Berikut caranya :

 

Sebagai perbandingan, inilah metode CDC:

1. Langkah pertama adalah anda harus mencuci tangan dengan menggunakan air yang bersih dan mengalir. Dan jangan lupa untuk menggunakan sabun

2.  Selanjutnya adalah pastiakan anda menggosok-gosok bagian tangan sampai muncul busa. Lakukan menggosok pada punggung tangan, sela jari dan kuku-kuku tangan.

3. Yang perlu kita perhatikan adalah lakukan pencucian tangan menggunakan sabun tersbut selama 20 detik.

4. Setelah itu kita bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

5. Langkah terakhir adalah kita keringkan bekas cuci tangan tadi dengan menggunakan handuk yang bersih atau menggunakan alat pengering khusus.

 

Dari lima tahapan proses mencuci tangan tersebut, menurut para peneliti itu masih belum bisa menghilangkan bakteri dan kuman dengan baik. Sebaiknya menggunakan metode delapan langkah yang dianjurkan oleh WHO yang terbukti lebih bagus 25% mampu membunuh kuman. Yang menjadi kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lebih lama.

 

Langkah mencuci tangan metode WHO:

Baca Juga  Lebih Bagus Mana Susu Kacang Polong dibandingkan Dengan Susu Sapi ?

1. Pertama adalah tetap menggunakan air bersih yang mengalir untuk membasahi tangan

2. Selanjutnya jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun untuk membersihkan

3. Lakukan penggosokan pada kedua telapak tangan kita

4. Selanjutnya adalah membersihkan bagian punggung tangan kanan dengan bantuan tangan kiri beserta sela-sela pada jari. Gunakan sebaliknya untuk membersihkan tangan bagian kiri dengan bantuan tangan kanan kita.

5. Langkah kelima adalah menyatukan kedua telapak tangan dengan jari saling mengait dan saling membersihkan

6. Langkah ke enam yaitu membersihkan bagian punggung ibu jari dengan usapan ibu jari tangan kiri. Lakukan bergantian

7. Langkah ke tujuh adalah bersihkan telapak tangan kita dengan menggunakan metode menyatukan kelima jari.

8. Selanjutnya lakukan bilasan dengan menggunakan air yang bersih dan mengalir

9. Untuk mematikan kran air, anda bisa menggunakan handuk yang bersih

10. Setelah melalui beberapa tahapan tadi, maka bisa dipastiakan tangan kita akan bersih terbebas dari bakteri dan kuman.

 

Namun yang menjadi kendala bagi kebanyakan orang adalah prosedur dan lama waktu yang dibutuhkan dalam melakukan cuci tangan. Untuk itu banyak orang yang bertanya apakah setiap kali cuci tangan harus dengan urutan seperti itu ? Menanggapi hal ini demikian, para ahli menyarankan tidak selalu anda harus menggunakan metode cuci tangan yang benar seperti itu.

Baca Juga  Hello world!

 

Yang harus kita tanamkan kepada diri kita masing-masing adalah pentingnya untuk melakukan cuci tangan. Bagaimanapun anda melakukan cuci tangan, yang terpenting adalah tetap gunakan sabun dan bilaslah dengan menggunakan air yang bersih dan mengalir.

 

Dengan selalu membiasakan diri kita melakukan cuci tangan menggunakan sabun, maka kita akan bisa menekan penularan banyak bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh kita. Contohnya adalah bakteri ecoli, salmonella dan campylobacter. Itulah bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *