Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

header niko 728 x 90

radang gusi

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa radang gusi sama halnya dengan sakit gigi yang rasa sakitnya menjalar sampai ke atas dan membuat emosi meningkat. Bahkan pada kasus radang gusi bisa menyebabkan perdarahan dan membuat mulut menjadi bau. Tentu kita tidak menginginkan sakit radang gusi bukan ? nah mari kita bahas bagaimana cara mencegah agar tidak sakit radang gusi.

Sebenarnya cara mencegahnya sangat mudah cukup hanya selalu menjaga kebersihan mulut kita dengan rajin melakukan sikat gigi. Berikut detai cara mencegahnya :
1. Sikat gigi secara rutin dua kali sehari

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan rajin melakukan sikat gigi secara teratur dua kali sehari. Selain itu anda juga harus melakukan sikat gigi dengan benar. Bagaimana caranya, lakukan sikatan dengan membentuk sudut 45 derajat. Gosok gigi anda dengan cara memutar dan vertikal menjangkau ke semua bagian gigi anda. Jangan sampai ada bagian gigi yang terlewatkan.
2. Gunakan benang gigi.

Baca Juga  Berapa Lama Kita Boleh Menahan Kencing ?

Fungsinya adalah untuk memberikan hasil yang maksimal saat anda melakukan sikat gigi. Biasanya fokus pada pengeluaran kotoran yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.
3. Bilas dengan obat kumur.

Anda bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk bisa membunuh bakteri yang menempel pada gigi dan mulut.
4. Pola makan seimbang.

Cara alami yang perlu juga untuk dilakukan adalah dengan banyak konsumsi vitamin C dan kalsium untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi kita.
5.  Minum yang cukup.

Baca Juga  Fakta : Kebanyakan Remaja Kita Menggunakan Pemutih Wajah

Tips sehat selanjutnya adalah lakukan minum air putih secara cukup saat kita selesai makan. Fungsinya adalah selain untuk rehidrasi juga bagus dalam menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih tersisa pada mulut dan gigi kita.
6. Berhenti Merokok.

Bagi kalangan pria yang mempunyai kebiasaan merokok, maka sebaiknya anda menghentikannya. Karena kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko penyakit radang pada gusi.
7. Rutin pergi ke dokter gigi.

Lakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut kita. Ini sangatlah penting untuk bisa membuat gigi dan gusi kita terjaga kesehatannya.

Baca Juga  Sering Selfie Ternyata Mampu Meningkatkan Motivasi Penurunan Berat Badan

8.Hindari stres.

Tips terakhir yang harus anda hindari adalah stres. Saat kita mengalami stres maka akan ada peningkatan hormon kortisol yang bisa memicu kita untuk mudah infeksi termasuk radang pada gusi.

 

Artikel Terkait : Bahayakah Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Pemutih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *