Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Secara Benar

header niko 728 x 90

cara memulai bisnis onlineBaik pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online secara benar. Banyak orang yang saat ini berusaha untuk mencari informasi tentang bagaimana cara memulai bisnis online, tetapi tidak mengerti alias bingung bagaiman cara memulainya.

Sabar ya…banyak diluaran sana yang merasakan hal yang sama. Bagi para pemula yang ingin terjun di dunia online sebaiknya memahami dulu apa sich yang dimaksud dengan bisnis online.

Bisnis online mempunyai arti yang sangat luas sekali. Segala aktifitas online yang bisa menghasilkan uang bisa disebut dengan bisnis online. Misalnya kita punya sebuah toko offline mainan anak, kemudian kita ingin menjualnya di media social atau dengan membuat toko online itu juga disebut dengan bisnis online.

Oke sudah ada pandangan sedikit ya tentang apa itu bisnis online. Bagi seorang pemula saat mau memulai suatu bisnis online biasanya akan muncul buanyak sekali pertanyaan yang membuat hati mereka menjadi gundah untuk menjalankannya.

Biasanya pertanyaan yang muncul seperti ini :

  • Bisa gak ya saya berbisnis online ?
  • Bisnis online apa yang bisa menghasilkan uang ?
  • Bagaiman cara meumalinya ?
  • Berapa modal yang harus saya siapkan dalam memulai bisnis ?
  • Dimana saya harus belajar bisnis online secara benar ?
  • Dan masih banyak lagi…..

Disini saya memaklumi kepada para pemula yang mempunyai prasangka seperti itu. Dulu, saya pun mengalami hal yang sama saat mulai berbisnis online di tahun 2009. Dan akhirnya di tahun 2014 saya telah merasakan manisnya berbisnis online.

Secara umum dalam menjalankan bisnis online tidak ada langkah khusus yang harus dilakukan secara urut dan pasti berhasil menghasilkan uang. Berikut saya akan mencoba merangkum secara singkat bagaimana cara memulai bisnis online secara benar :

Baca Juga  Belajar Bisnis Online Bagi Pemula Gratis di Jakarta

Langkah Utama :

Tentukan dulu apa yang akan anda jual lewat internet. Dengan mengetahui barang apa yang akan anda jual akan memudahkan kita untuk mempersiapkan bagaimana cara menjual dan menggunakan apa kita bisa menjualnya.

Tips yang harus anda perhatikan dalam menentukan barang yang akan anda jual secara online. Apakah barang yang anda jual secara online banyak yang membutuhkan ? bagaimana caranya mengetahui apakah barang yang hendak kita jual laku di online ?

Ok akan saya ajarkan bagaimana cara risetnya. Dalam hal penentuan barang yang akan kita jual ini menjadi pondasi awal keuntungan kita nantinya. Jika kita salah dalam memilih produk yang akan kita jual maka income yang kita harapkan akan jauh dari harapan.

Yang pertama kita lakukan adalah melakukan “riset pasar”. Apa itu riset pasar ? suatu analisa yang dilakukan untuk mengetahui apakah barang yang mau kita jual ada pencarinya di online. Kita bisa melakukan riset di google keywords tools.

Contohnya kita dirumah mempunyai usaha ternak ayam kampung. Kita mempunyai keinginan menjual ayam kampung secara online. Kita lakukan riset di google keywords tools, kita masukkan kata tentang “ ayam kampung “ kita lihat apakah pencarian tentang keywords yang berhubungan dengan “ayam kampung” ada pencarinya ? berapa jumlah pencarinya dalam sebulan ? bagaimana persaingan kata kunci tersebut ?

Dengan kita melakukan riset yang mendalam dalam tahap awal penentuan produk yang akan di jual akan memberikan gambaran income kita ke depan. Jangan sampai kita mau jual kerupuk A, tetapi setelah dilakukan riset ternyata pencarian akan “kerupuk A” tidak ada di online. Wah kalau seperti ini sebaiknya kita mencari produk lain yang ada pencarinya di dunia online.

Baca Juga  Kursus Bisnis Online di Jakarta Pusat

Langkah Ke Dua :

Setelah kita mengetahui produk yang akan kita jual ada pencarinya di dunia online, kita akan membuat media tempat untuk berpromosi. Kalau di dunia offline membuat toko untuk menampung barang jualan, di online kita bisa membuat sebuat website atau toko online. Waduh pak gimana caranya membuat website atau toko online ? saya klan pemula, dan pasti itu sulit.

Ya..seperti itu memang anggapan para pemula yang ingin memulai sebuah bisnis online. Memang untuk masalah membuat website atau toko online ini bisa dinggap agak susah karena kita harus mengetahui caranya.

Sebagai langkah awal seorang pemula bisa memulai belajar membuat website dengan blog gratisan. Bisa menggunakan blogspot atau wordpress gratisan. Kita isi tentang artikel tertentu yang mendukung barang yang akan kita jual. Kita upload gambar-gambar yang akan kita jual pada orang.

Langkah Ketiga :

Setelah kita bisa membuat sebuah blog atau website, maka selanjutnya adalah melakukan promosi. Apa maksudnya ? kita melakukankegiatan mempromosikan website atau blog yang sudah kita buat tadi. Bagi pemula bisa memulai promosi lewat social media secara manual.

Untuk mereka yang sudah Advance bisa melakukan promosi melalui SEO ( Seach Engine Optimization ). Ini adalah langkah yang efektif untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang nantinya akan melakukan pembelian ke website kita.

Aduh pak tambah bingung setelah membaca alur yang harus dilakukan dalam berbisnis online he..he..tenang kami memberikan rekomendasi kepada anda jika ingin benar-benar terjun di dunia bisnis online, kami sarankan anda untuk berada di komunitas yang anggotanya adalah semuanya punya minat yang sama yaitu ingin berbisnis online. Di situ nanti kita akan mendapatkan segala ilmunya mulai dari riset produk, membuat website yang benar, dan cara mempromosikan website secara benar dan efektif. Semuanya akan di ajarkan secar mudah meskipun anda masih pemula sekalipun. Jangan memikirkan besaran biaya saat anda memutuskan untuk berbisnis online, karena apa yang kita keluarkan pada tahap awal akan jauh tidak sebanding dengan penghasilan yang akan kita dapatkan jika kita menguasai ilmunya. Semua akan terasa mudah jika kita mengetahui ilmunya.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Brebes

Tempat belajar yang saya rekomendasikan adalah di komunitas bisnis online 1 milyar ( SB1M ) dimana mempunyai visi setiap membernya mempunyai penghasilan 1 milyar perbulan dari internet. Apakah mungkin ? mungkin sekali karena saya sudah mencobanya. Percayalah jika kita serius maka kita akan menemukan kesuksesan yang tak ternilai harganya. Sekali lagi jangan takut menginvestasikan uang anda untuk belajar, karena jika anda mengetahui ilmu bisnis online dengan benar anda akan terkejut akan income yang kita hasilkan nantinya. Demikian informasi singkat dari kami tentang bagaimana cara memulai bisnis online secara benar semoga memberi banyak manfaat. Semoga anda sukses selalu dan selamat mencoba…semangat !!!!

 

Artikel Terkait : Memulai Bisnis Tanpa Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *