Bagaimana Cara Membedakan Pusing dan Sakit Kepala ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagaimana cara membedakan pusing dan sakit kepala ? Banyak orang yang masih bingung apakah ini pusing atau sakit kepala ?. Bahkan banyak orang yang menganggapnya sama, padahal berbeda.

sumber gambar : http://sidomi.com

Menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa yang disebut dengan pusing adalah suatu kondisi dimana kita merasakan adanya gangguan keseimbangan tubuh. Pusing lebih dipahami sebagai ‘gliyengan’ atau lebih dikaitkan dengan vertigo. Biasanya mereka yang mengalami pusing akan terganggu keseimbangan tubuh, badan terasa lemas, mual dan bahkan sampai muntah. Namun kalau vertigo adanya suatu pandangan yang berputar terhadap objek disekitar yang membuat penderitanya terasa mual dan muntah.

Baca Juga  Ternyata Berat Badan Bayi Juga Bisa Dipengaruhi Oleh Besar Kecilnya Botol Susu

Secara umum penyebab dari kepala pusing adalah migrain atau lebih dikenal sebagai sakit kepala sebelah, hipotensi atau tensi rendah, kekurangan darah atau anemia, stres, dehidrasi dan hipoglikemi atau kadar gula yang rendah.

Sedangkan yang dinamakan sakit kepala adalah sensasi rasa nyeri yang terjadi pada sebagian atau seluruh bagian kepala. Biasanya kondisi sakit kepala dibanyak kasus terjadi secara tiba-tiba. Untuk jenis sakit kepala sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu primer dan sekunder.

Baca Juga  Memakai Kacamata Hitam Dapat Menjadi Salah Satu Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

Untuk sakit kepala yang primer disebabkan oleh migrain, cluster sakit kepala dan sakit kepala tension. Sedangkan untuk sakit kepala sekunder lebih disebabkan karena adanya suatu infeksi penyakit seperti adanya tumor, sinusitis, gangguan pernapasan, adanya taruma atau benturan pada kepala dan kurang tidur.

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Tips Membedakan Migrain dan Sakit Kepala Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *