Bagaimana Cara Melatih Anak Balita Tidur Tepat Waktu ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tidur yang cukup bagi seorang anak menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan. Untuk itu orang tua dituntut bisa memberikan waktu tidur yang cukup bagi anak.

Kenyataan dilapangan banyak para orang tua yang masih belum tahu kapan anak seharusnya memulai tidur malam. Terlebih bagi seorang anak yang sudah berusia dua tahun yang mulai banyak aktivitas yang dilakukan.

sumber gambar : http://www.solusisehatku.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa untuk melatih seorang anak balita tidur tepat waktu perlu tindakan disiplin yang diterapkan oleh para orang tua. Orang tua harus menetapkan waktu yang tepat untuk anak mulai tidur malam.

Baca Juga  Olahraga Berenang Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Menetapkan jam tidur anak yang terlalu malam akan membuat anak menjadi keletihan dan gelisah saat bangun pada pagi hari. Hal ini disebabkan durasi tidur malam yang kurang.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa melatih anak untuk disiplin terlebih bagi usia balita sangatlah penting untuk perkembangan emosional.

Berapa durasi tidur bagi anak yang disarankan menurut kesehatan ?. Bila anak masih berusia antara 1-5 maka durasi tidur yang disarankan adalah selama 10 sampai 13 jam dalam sehari.

Baca Juga  Beberapa Kerusakan Kulit Yang disebabkan Karena Sinar Matahari

Apabila ternyata pada malam hari seorang anak hanya bisa tidur selama sembilan jam, maka untuk memenuhi kebutuhan tidur yang masih kurang sebaiknya melakukan tidur siang.

Baca Juga : Tips Agar Anak Mau Tidur Siang Setelah Pulang Sekolah

Seorang anak yang mendapatkan pemenuhan kebutuhan tidur yang cukup akan sangat berpengaruh pada emosional anak yang membuatnya bisa menjalani aktivitas keseharian dengan rasa senang dan gembira.

Baca Juga  Rajin Olahraga Lari Bisa Membuat Panjang Umur

Artikel Terkait : Anak Yang Rewel Bisa disebabkan Karena Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *