Bagaimana Cara Agar Perut Tidak Kembung ?

header niko 728 x 90

perut kembung

InspirasiBersama.com – Perut kembung bisa menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas kita. Selain itu perut yang kembung juga membuat nafsu makan kita menjadi tidak enak. Untuk itu mari kita bahas bagaimana cara agar perut tidak kembung.

Perut yang kembung bisa menjadi indikasi adanya banyak cairan atau udara dalam perut kita. Saat itu kita akan mengalami terasa penuh, tidak nyaman bahkan sampai nyeri. Ada banyak faktor yang menyebabkan perut kita menjadi kembung. Tetapi yang terpenting adalah mencegah agar kita tidak mengalami kembung.

Berikut beberapa tips bagaimana cara agar perut tidak kembung :

 

·         Makan lebih banyak semangka

Baca Juga  Anggapan Yang Salah Tentang Kolesterol Yang Baik

Buah semangka banyak mengandung air, natrium dan kalium sehingga sangat bagus dalam mencegah perut kembung. Selain semangka ada jenis buah lain yaitu nanas dan melon.

·         Jangan meneggak air dalam jumlah banyak

Salah satu penyebab perut kita mengalami kembung adalah kita minum air terlalu banyak. Oleh karena itu kita disarankan untuk minum secara teratur untuk menghindari minum sekali dalam jumlah yang banyak. Meskipun air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi kalau terlalu banyak kita mengkonsumsinya maka itu juga tidak bagus bagi kesehatan kita.

·         Hindari makan yang banyak

Hindarilah makan dalam jumlah yang besar. Selain bisa memicu penyakit diabetes, makan banyak juga bisa membuat perut kita menjadi kembung. Yang terbaik adalah makan dalam jumlah sedikit namun sering. Selain itu disarankan pula untuk melakukan ngemil sehat untuk menghindari rasa lapar yang sangat sehingga memicu makan dalam porsi yang besar.

Baca Juga  Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga

·         Hindari permen karet

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan suka mengunyah permen karet, maka anda akan beresiko mengalami perut kembung. Hal ini disebabkan oleh karena saat kita mengunyah permen karet maka akan terdapat banyak udara yang masuk yang menimbulkan kantong pada lambung kita.

·         Kopi hitam

Makanan terakhir yang bisa mencegah perut kembung adalah kopi hitam. Saat kita mengkonsumsi kopi hitam, maka kandungan kafein dalam kopi akan bisa membuat kontraksi pada usus kita sehingga bisa membuang limbah. Tetapi jika anda minum kopi dicampur dengan susu atau krim maka akan bisa membuat perut kita menjadi kembung.

Baca Juga  Keputihan Bukan Satu-satunya Masalah Pada Vagina Wanita

 

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Refluks Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *