Awal Mula Munculnya Penyakit Kanker Paru

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyakit kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang sering kali menyebabkan kematian pada penderitanya. Meskipun sudah mendapatkan pengobatan secara medis, sering kali pasien berujung pada kematian. Ternyata menurut para ilmuwan hal ini disebabkan karena banyak ahli yang belum mengetahui awal mula penyakit ini.

sumber gambar : www.dokterkamu.com

Dalam sebuah hasil studi menyebutkan kalau mengetahui asal muasal munculnya kanker paru menjadi hal yang sangat penting untuk membantu mencegah terjadinya penyakit ini.

Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Universitas Melbourne yang bernama Clare Weeden menemukan sebuah sel pada paru yang berfungsi mengatasi kerusakan paru yang disebabkan karena polusi dan asap rokok. Sel ini bernama sel punca.

Baca Juga  Benarkah Wanita Hamil Sebenarnya Tidak Memerlukan Multivitamin ?

Dalam penelitian tersebut diketahui kalau sel punca ini memang bersifat memperbaiki jika ada kerusakan paru, tetapi juga bisa menyebabkan mutasi yang berdampak pada munculnya sel kanker. Dengan ditemukannya sel punca yang bisa menjadi awal mula munculnya sel kanker, maka diharapkan bisa muncul obat yang bisa mencegah atau membunuh sel punca sebelum bisa berkembang menjadi kanker.

Baca Juga  Bahaya Sering Makan Mie Instan, Anda Harus Jeli Sebelum Membeli

Baca Juga : Beberapa Fakta Tentang Kanker Paru

Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok, ternyata memiliki sel punca basal yang lebih banyak. Sebaliknya bagi mereka yang tidak merokok, maka hanya memiliki sel punca basal yang lebih rendah.

Secara alamiah, sel-sel basal pada organ paru akan terpapar dengan udara yang kita hirup. Semakin sering kita menghirup polusi dan asap rokok, maka semakin cepat membuat sel basal berusaha untuk memperbaiki adanya kerusakan.

Baca Juga  Efek Samping Mempunyai Pola Makan Yang Tidak Teratur Bagi Kesehatan

Kita tahu bahwa sel-sel basal tersebut rentan untuk melakukan mutasi untuk berusaha memperbaiki kerusakan yang terjadi. Dengan begitu maka meningkatkan kemungkinan untuk muncul sel kanker dalam paru-paru.

Artikel Terkait : Beberapa Gejala Kanker Paru Yang Perlu diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *