ASI Keluar Sedikit ? Jangan Menyerah Lakukan Hal Ini

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Meskipun menyusui bayi dengan ASI terlihat mudah, kenyataannya masih banyak wanita yang mengalami masalah dalam memberikan ASI. Masalah yang sering kali terjadi adalah ASI keluar hanya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Meskipun dalam kondisi ini sang ibu disarankan untuk tidak perputus asa.

 

Hampir kebanyakan seorang ibu yang mengalami masalah ini merasa putus asa dan akhirnya tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya. Padahal para pakar sangat menyarankan untuk tidak berputus asa dengan melakukan beberapa tips berikut ini :

solusi-asi-tidak-lancar

sumber gambar : health.detik.com

1.Mengetahui tanda kecukupan ASI
Tips pertama yang harus diketahui oleh para ibu yang menyusui adalah tanda kecukupan ASI. Pada faktanya banyak ibu yang merasa produksi ASInya kurang sehingga memberikan susu formula tambahan. Padahal belum tentu demikian, bisa jadi produksi memang sedikit berkurang namun sudah cukup buat bayi.

Baca Juga  Ini Dampak Buruk Jika Wanita Merokok

 

Untuk melihat apakah ASI yang diberikan sudah cukup atau belum, maka indikatornya adalah kenaikan berat badan pada 3 bulan pertama. Yang sehat adalah nambah 1 ons per hari. Selain melihat pertambahan berat badan, bisa juga dilihat dengan frekuensi pipis bayi. Jika jarang pipis maka bisa dipastikan asupan ASI kurang.

Baca Juga : Benarkah Produksi ASI dipengaruhi Oleh Ukuran Payudara ?

 

2.Menyusui lebih sering
Yang harus diketahui oleh banyak ibu yang menyusui adalah saat terjadi produksi ASI yang kurang, maka tipsnya adalah dengan melakukan menyusui lebih sering. Biasanya para ibu justru putus asa dan akhirnya memberi tambahan susu formula dan ini tidak disarankan.

 

Tahukah kita bahwa semakin sering frekuensi memberikan ASI kepada bayi, maka akan merangsang payudara ibu untuk memproduksi lebih banyak lagi ASI. Oleh karena itu saat produksi ASI dirasa menurun, maka lakukan semakin sering memberikan ASI kepada bayi.

Baca Juga  Cara Ampuh Mengusir Stres Dengan Bermain di Alam Terbuka

 

3.Menggunakan pompa ASI
Tips ketiga untuk meningkatkan produksi ASI yang menurun adalah dengan cara menggunakan pompa ASI. Alat ini biasanya sering digunakan oleh banyak wanita karier yang tetap harus memberikan ASI kepada bayinya di rumah.

 

Dengan melakukan pemompaan ASI dengan menggunakan alat khusus, maka ibu akan mempunyai banyak stok ASI yang bisa disimpan di kulkas sehingga saat ditinggal bekerja bayi masih tetap bisa menikmati ASI yang kaya akan nutrisi yang lengkap.

 

4.Tetap membuat anak terjaga saat menyusui
Banyak para ibu yang membiarkan bayinya tertidur saat minum ASI. Padahal ini tidak disarankan. Bayi yang sering tertidur saat menyusui akan menyebabkan bayi kekurangan asupan ASI.

 

Oleh karena itu sangat disarankan untuk tetap menjaga bayi tetap menyusui dan jangan biarkan tidur saat menyusui. Sang ibu juga disarankan untuk banyak merubah posisi bayi saat menyusui dengan memberikan secara bergantian pada payudara kanan dan kiri.

Baca Juga  Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

 

5.Menghubungi dokter jika berkelanjutan
Apabila anda sudah berusaha dengan melakukan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, namun ASI yang dikeluarkan masih saja sedikit, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Kondisi ini bisa disebabkan karena gangguan hormon pada ibu yang membuat produksi ASI menjadi menurun.

Artikel Terkait : Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *