Apakah Tahu Bulat Menyehatkan Bagi Tubuh ?

header niko 728 x 90

tahu bulat keliling

InspirasiBersama.com – Maraknya penjualan tahu bulat disekitar lingkungan kita membuat banyak orang mencari tahu apakah tahu bulat menyehatkan bagi tubuh ?. Tidak dipungkiri bahwa saat ini tahu bulat menjadi makanan ringan yang populer dan banyak masyarakat kita yang menyukainya. Harganya yang murah serta cara berjualan yang unik dengan menggunakan mobil bak terbuka membuat banyak orang untuk tertarik membelinya.

 

Proses penjualan tahu bulat dinilai sangat unik. Saat kita membelinya, maka saat itu pula tahu bulat baru digoreng oleh penjual sehingga kita bisa menikmatinya dalam kondisi yang masih hangat dan gurih. Dengan metode yang demikian, membuat omset penjualan tahu bulat sangat tinggi.

Baca Juga  Inilah Bedanya Penderita Diabetes di Negara Maju dan Asia

 

Meskipun banyak orang yang suka akan jajanan tahu bulat, namun ternyata jajanan ini masih dikategorikan belum sehat. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan karena proses penggorengan yang menggunakan wajan besar, dengan minyak banyak yang terus dipanaskan akan membuat perubahan kimia pada minyak menjadi minyak trans yang tidak sehat bagi tubuh kita. Penumpukan banyak lemak trans dalam tubuh akan memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

 

Ungkapan yang sama datang dari seorang dokter spesialis gizi klinik yang berasal dari FKUI yang bernama dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK. Beliau mengatakan bahwa minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng tahu bulat yang dipanaskan secara terus  akan membuat minyak berubah menjadi minyak tidak jenuh ganda yang nantinya akan berubah menjadi lemak trans. Padahal dalam sehari kita tidak boleh konsumsi minyak trans lebih dari 1%.

Baca Juga  3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Wanita Saat Menata Rambut Yang Dapat Menyebabkan Kerontokan

 

Sebenarnya yang membuat jajanan ini tidak sehat adalah proses pengolahannya yang menggunakan pemanasan minyak yang terus dipanaskan. Namun kalau tahunya sendiri tergolong jenis makanan yang menyehatkan karena terbuat dari bahan alami yaitu kedelai yang sangat banyak mengandung protein yang sangat bagus bagi tubuh.

 

 

Menurut dr Fistuti, untuk memasak tahu kita bisa mengolahnya dengan cara menumis dengan menggunakan minyak yang sedikit. Hal ini dinilai lebih menyehatkan dibandingkan dengan cara menggoreng dengan menggunakan minyak yang digunakan secara berulang.

Baca Juga  Waspada Bulimia Jika Anda Sering Memuntahkan Makanan

Artikel Terkait : Bahaya Gorengan Terhadap Penyakit Jantung dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *