Apakah Penyakit Epilepsi Termasuk Menular ?

header niko 728 x 90

epilepsi

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari masyarakat kita menganggap penyakit epilepsi dengan stigma yang negatif. Banyak orang yang bertanya apakah penyakit epilepsi termasuk menular ? Jawabnya adalah tidak. Penyakit epilepsi merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem syaraf atau bisa dikatakan adanya gangguan pada saraf otak.

Salah satu gejala atau serangan epilepsi adalah ditandai dengan adanya kejang. Banyak diantara kita yang menganggap epilepsi bukan suatu penyakit. Oleh karena itu banyak sekali kasus epilepsi yang tidak mendapatkan pertolongan yang tepat.

Menurut seorang dokter spesialis saraf yang bernama Irawati Hawari mengatakan kebanyakan masyarakat kita menganggap epilepsi sebagai penyakit yang menular dan sebuah kutukan. Hal ini dikarenakan saat seorang penderita epilepsi mendapati serangan, maka mereka seperti kerasukan. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang menganggap epilepsi sebagai penyakit kutukan.

Baca Juga  Mengenal Tentang Jerawat Modern

Menurut di Ira, epilepsi merupakan penyakit yang tidak menular. Meskipun tidak menular, semua orang bisa beresiko terkena penyakit epilepsi. Hal ini bisa terjadi pada semua usia dan jenis kelamain mulai dari anak-anak sampai dewasa. Yang membuat penderita epilepsi kejang adalah adanya lonjatan listrik yang diluar kontrol dari otak yang membuat anggota gerak menjadi kejang tidak terkontrol.

Saat seseorang penderita epilepsi mengalami serangan, maka biasanya disertai dengan kejang, penurunan kesadaran, pandangan menjadi kosong, dan terjadi perubahan perilaku. Jadi salah kalau kita mengira gejala epilepsi hanya kejang saja.

Dari segi ilmu kedokteran, sekitar 30 persen penderita epilepsi tidak jelas disebabkan karena faktor apa. Namun adanya lonjatan listrik atau gangguan listrik pada otak penderita epilepsi biasanya sering kali disebabkan kerana adanya tumor pada otak, infeksi pada otak, kelainan genetika, cacat sejak lahir dan adanya gangguan pada pembuluh darah di otak.

Baca Juga  Ibu Yang Menyusui Bisa Mencegah Terjadinya Kanker Ganas

Banyaknya orang yang menganggap penyakit epilepsi bisa menular, membuat para penderita epilepsi sering menarik diri dari lingkungan. Selain itu kebanyakan dari para orang tua juga melarang untuk mendekati penderita epilepsi. Padahal menurut dokter Ira penderita epilepsi akan bisa hidup secara normal seperti manusia biasa jika mendapatkan penanganan yang tepat serta rutin konsumsi obat secara teratur.

Mitos tentang penyakit epilepsi yang bisa menular ini juga membuat para penderita epilepsi tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Padahal epilepsi bukan penyakit yang menular seperti TBC, HIV, atau hepatitis.

Baca Juga  Dampak Negatif Anak Yang Mendapatkan Banyak PR di Sekolah

Untuk itu diharapkan dengan membaca artikel ini yang berisi tentang ‘apakah penyakit epilepsi termasuk penyakit yang menular’ membuat kita lebih faham tentang epilepsi. Dan yang lebih penting adalah kita bisa memperlakukan para penderita epilepsi seperti layaknya manusia biasa untuk bisa mereka menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Deretan Penyakit Yang Sangat Mematikan Dalam Hitungan Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *