Apakah Orang Yang Memiliki Satu Ginjal Bisa Hidup Dengan Normal ?

header niko 728 x 90

ginjal manusia

InspirasiBersama.com – Ginjal memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Secara anatomi manusia memilki dua buah ginjal yang apabila satu ginjal diberikan kepada orang lain tidak akan ada masalah. Meskipun demikian, kondisi dengan satu ginjal akan mempengaruhi fungsi ginjal tersebut.

Sebuah teknologi kedokteran telah menemukan metode pencangkokan ginjal yang sudah banyak dilakukan sejak abad ke-20. Hal ini dilakukan dengan harapan membantu para penderita gagal ginjal.

Di negara kita sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan istilah cangkok ginjal dan sudah sering dilakukan. Namun yang menjadi kendala adalah masalah pengawasan. Pengawasan yang lemah membuat banyaknya kasus tranplantasi ginjal secara ilegal. Sebenarnya untuk melakukan cangkok ginjal sendiri membutuhkan prosedur yang cukup rumit.

Baca Juga  Sedih Karena Belum Punya Pacar ? Ternyata Ada 10 Keuntungan Tidak Mempunyai Pacar

Yang harus diperhatikan saat melakukan pencangkokan ginjal adalah kesehatan ginjal bagi pendonor. Apakah ginjal pendonor benar-benar sehat sebelum dilakukan cangkok ginjal. Hal ini sangat penting agar saat operasi memindahkan ginjal tidak menimbulkan komplikasi yang serius.

Setelah melakukan donor ginjal, mereka bisa hidup dengan normal. Namun para pakar kesehatan menyarankan untuk pendonor menjaga kesehatannya agar tidak menimbulkan masalah yang serius. Misalnya menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit diabetes dan hipertensi yang bisa memperburuk kesehatan ginjal.

Baca Juga  Tren Memancungkan Hidung Dengan Operasi Plastik

Selain menjaga pola makan yang sehat, olahraga secara teratur juga sangat penting. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka bisa mengurangi resiko diabetes. Yang tak kalah penting adalah jangan sering menahan kencing karena bisa membuat infeksi pada saluran kencing. Minum air putih yang cukup bisa membuat ginjal kita semakin sehat.

Artikel Terkait : Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *