Apakah Hidrosefalus Bisa disembuhkan dan Bayi Bisa Tumbuh Normal ?

header niko 728 x 90

hidrosefalus 2

InspirasiBersama.com – Apakah anda sudah pernah melihat seorang bayi yang mengalami hidrosefalus ? . Pada bayi yang menderita hidrosefalus akan mengalami pembesaran kepala yang disebabkan karena penumpukan banyak cairan dalam otak. Namun apakah hidrosefalus bisa disembuhkan dan bayi bisa tumbuh dengan normal ?.

Saat kita melihat seorang bayi yang mengalami hidrosefalus, maka hati akan sentak terenyuh karena melihat sebuah kepala yang sangat besar yang tidak sesuai dengan usia dan bentuk fisik bayi. Sampai saat ini belum diketahui secara jelas penyebab dari hidrosefalus ini. Namun para ahli menduga disebabkan karena beberapa hal seperti adanya genetik, terjadi perdarahan saat hamil, mengalami infeksi saat hamil seperti terpapar toxoplasma.

Baca Juga  Lakukan Tips Ini Untuk Menyingkirkan Jerawat Pada Punggung

Oleh karena itu sangatlah penting untuk melakukan sebuah deteksi dini terjadinya hidrosefalus pada bayi. Para ahli menyarankan bahwa pengobatan pasien hidrosefalus sangat disarankan dilakukan saat bayi kurang dari 4 bulan. Hal ini disebabkan karena jika lebih dari 4 bulan bisa meningkatkan resiko kerusakan otak yang lebih lusa lagi.

Dalam pengobatan hidrosefalus tujuan utamanya adalah menguras cairan dalam otak yang bisa menekan bagian otak yang memberikan dampak yang serius. Biasanya seorang dokter akan memberikan sebuah selang yang disebut dengan shunt. Dengan pemasangan shunt, maka cairan dalam otak bisa dikurangi.

Baca Juga  Kenali Tanda Penuaan Yang Terjadi Pada Penis

Dengan pemasangan shunt, juga bisa membuat cairan akan banyak dialirkan ke bagian perut dan jantung. Secara umum pemasangan shunt pada kasus hidrosefalus akan dibiarkan seumur hidup. Jika terjadi sumbatan atau terjadinya infeksi, maka akan dilakukan pergantian.

Pengobatan hidrosefalus selain pemasangan shunt adalah dengan cara melakukan operasi ETV ( endocopic third ventriculostomy). Dalam melakukan operasi jenis ini seoprang dokter akan membuat sebuah lubang kecil pada otak yang yang berfungsi mengalirkan cairan dalam otak.

Baca Juga  Apakah Benar Konsumsi Satu Butir Telur Sehari Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol ?

Seorang bayi yang mengalami hidrosefalus dan terlambat untuk ditangani, maka akan menyebabkan gangguan pada fungsi otak dan gangguan mental. Hal ini akan mengganggu tumbuh kembang anak untuk bisa menjadi anak yang normal.
Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Hidrosefalus Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *