Apakah Boleh Penderita Maag Minum Kopi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Aroma serta rasa yang nikmat membuat kopi menjadi minuman yang menggugah selera. Salah satunya adalah menggoda mereka yang mempunyai penyakit maag. Banyak orang beranggapan bahwa kalau punya penyakit maag, maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi, benarkah demikian ?

sumber gambar : https://maggo.co.id

Kopi memang jenis minuman yang kaya kandungan kafein. Meskipun demikian ada beberapa jenis kopi tertentu yang hanya memiliki sedikit kandungan kafein. Kandungan kafein yang tinggi memang tidak disarankan bagi mereka yang punya penyakit maag karena memicu kekambuhan. Jadi orang yang punya penyakit maag jika ingin konsumsi kopi disarankan untuk memilih jenis kopi yang hanya sedikit kandungan kafeinnya.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menikmati Mie Instan Agar Lebih Sehat ?

Secara umum ada dua jenis kopi yang sering kita jumpai, yaitu arabika dan robusta. Ternyata kedua jenis kopi ini mempunyai kandungan kafein yang berbeda. Jenis kopi arabika adalah memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan robusta. Jadi bagi penderita maag sangat disarankan untuk memilih jenis kopi arabika saja.

Ada lagi jenis kopi yang juga mengandung kafein yang cukup tinggi yaitu dark roastat atau dalam bahasa awam kopi yang melalui proses sangrai. Ternyata menurut para pakar jenis kopi ini banyak mengandung kafein serta karbondioksida yang tidak aman bagi penderita maag. Jika anda mengkonsumsinya, maka akan memicu asam lambung yang meningkat dan kekambuhan maag.

Baca Juga  Kebiasaan Sebelum Tidur Yang Bisa Membuat Kulit Sehat Bercahaya

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Refluks Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *