Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

berenang saat hamil

InspirasiBersama.com – Bagi masyarakat Indonesia pantangan bagi wanita hamil sudah tidak asing lagi. Para orang tua, pasti memberikan banyak pantangan kepada anak perempuannya saat hamil. Mulai dari membatasi aktifitas fisik sampai pada asupan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Hal ini dilakukan dengan tujuan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama hamil sampai melahirkan.

Ternyata tidak semua jenis olahraga harus dihindari oleh wanita hamil, olahraga berenang ternyata sangat bagus bagi wanita yang sedang hamil. Mereka yang sering melakukan renang saat hamil akan membuat otot-otot pada rahim menjadi lebih kuat. Selain itu juga membuat memperkuat sendi pada panggul yang sangat bermanfaat saat wanita melahirkan.

Baca Juga  Suka Mengkonsumsi Air Hangat ? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat yang didapat jika ibu hamil sering melakukan olahraga renang. Olahraga renang termasuk salah satu olahraga yang sangat sedikit resiko untuk cidera sehingga sangat aman bagi ibu hamil. Resiko yang mungkin terjadi adalah tenggelam, kram atau masalah kulit akibat pengaruh air pada kolam renang. Dengan sering berenang, maka akan membuat paru dan jantung ibu hamil menjadi lebih sehat, otot – otot semakin lentur dan melatih pernapasan. Disamping itu berenang juga bisa berdampak pada stabilnya suhu badan bagi wanita hamil.

Baca Juga  Ingin Selalu Terlihat Cantik Hindari Kerja Lembur

Namun yang perlu diperhatikan adalah gaya saat berenang. Bayi ibu yang hamil tentu tidak boleh berenang dengan agresif layaknya saat tidak hamil. Gerakannya harus lebih santai dan perlahan-lahan. Dengan begitu rahim ibu akan tetap aman dari guncangan saat berenang. Seorang ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk berenang dengan menggunakan gaya kupu-kupu atau gaya punggung.

Selain itu ibu hamil juga harus memperhatikan waktu yang tepat dan durasi waktu yang diperbolehkan dalam berenang. Bagi ibu yang hamil sangat disarankan untuk berenang pada pagi dan sore hari dan tidak boleh melebihi dari 30 menit untuk menghindari kelelahan yang bisa membahayakan bagi ibu hamil.

Baca Juga  Batasan Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu

 

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus diwaspadai Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *