Apakah Berbahaya Kebiasaan Sering Menelan Ingus ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita sedang pilek, maka kebiasaan yang sering kali kita lakukan adalah menelan ingus. Kebiasaan ini terkadang kita lakukan secara tak sengaja karena kondisi tertentu. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah berbahaya kebiasaan sering menelan ingus ?

sumber gambar : https://health.detik.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa menelan ingus bagi penderita pilek memang tak bisa terhelakkan. Meskipun demikian bukan berarti menelan ingus disarankan. Sebaiknya ingus harus kita keluarkan, namun cara membuang ingus harus kita perhatikan.

Baca Juga  Fenomena Tanda Lahir Pada Bagian Tubuh

Berbicara tentang membuang ingus yang, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sering kali kita membuang ingus dengan terlalu kuat mendorong lewat hidung yang berakibat pada rasa yang tak nyaman atau bahkan sering kali menyebabkan rasa nyeri. Oleh karena itu dalam membuang ingus disarankan untuk melakukannya dengan pelan-pelan dan lakukan secara bergantian antara hidung kanan dan kiri.

Baca Juga  Ternyata Melakukan Istirahat Otak Berdampak Positif Pula Bagi Kesehatan Mental

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa proses membuang ingus yang dilakukan dengan terlalu kuat bisa memicu penyakit sinusitis dan otitis media. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang kuat pada rongga hidung bagian dalam.

Jika ternyata ingus tak sengaja kita telan, maka yang harus kita lakukan sebaiknya mengeluarkannya kembali jika masih memungkinkan. Jika ternyata sudah terlanjur masuk tertelan, maka kondisi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan tak membahayakan organ pencernaan.

Baca Juga  Inilah Penyebab Utama Mengapa Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur

Artikel Terkait : Beberapa Gejala Sinusitis Yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *