Apakah Benar Orang Yang Sudah Kena Virus DBD Menjadi Kebal ?

header niko 728 x 90

kasus DBD

InspirasiBersama.com – Munculnya kasus DBD belakangan ini membuat banyak masyarakat merasa khawatir. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah benar orang yang sudah kena virus DBD menjadi lebih kebal ?. Secara umum, jika seseorang terinfeksi virus tertentu, maka akan membuat orang tersebut lebih rendah terinfeksi ulang virus yang sama.

Namun pada kasus DBD tidak demikian. Orang yang sudah pernah terinfeksi virus DBD masih kemungkinan besar terkena kembali. Hal ini dikarenakan virus dengue mempunyai beberapa macam serotipe yang berbeda-beda. Virus dengue memiliki empat macam serotipe yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

Baca Juga  Efek Samping Pemberian Antibiotik Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Secara normal kalau seseorang pernah terserang virus dengue dengan jenis serotipe tertentu, maka antibodi tubuh akan berusaha membuat pertahanan tubuh sesuai dengan jenis serotipe tersebut. Nah kalau ternyata seseorang digigit nyamuk yang membawa virus DBD jenis serotipe yang berbeda, maka kemungkinan besar seseorang tersebut akan terinfeksi virus dengue.

Kita tahu bahwa penularan virus DBD disebarkan oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Jenis nyamuk yang sering membawa virus tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypti.

Jenis penyakit DBD tergolong penyakit yang cukup banyak penderitanya. Dari catatan WHO, dalam setiap tahunnya terdapat 390 juta kasus.
Dalam dunia kedokteran, kembalinya seseorang terinfeksi virus yang sama disebut dengan secondery infection. Jika mereka kembali terinfeksi DBD, maka pasien akan mengalami gejala kepala pusing, demam, nyeri pada mata, pegal-pegal. Jika dilakukan pemeriksaan darah lengkap, maka terjadi penurunan jumlah trombosit kurang dari 150.000 per mikroliter darah. Sementara itu untuk hematokritnya mengalami peningkatan sampai 5-10 persen.

Baca Juga  Ibu Hati-Hati Remaja Putri Yang Gemar Makan Junk Food Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara

Untuk itu dihimbau kepada para mantan penderita DBD untuk tetap waspada kemungkinan terinfeksi kembali virus yang sama. Sangat penting untuk melakukan pencegahan mulai dari menjaga kebersihan, hindari gigitan nyamuk, serta banyak beraktifitas pada pagi dan sore hari yang menjadi waktu penularan virus dengue oleh karena gigitan nyamuk.

Artikel Terkait : 6 Cara Mudah Mencegah Penyakit DBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *