Apakah Benar Mengkonsumsi Micin Bisa Membuat Kita Bodoh ?

header niko 728 x 90

InsprasiBersama.com – Monosodium glutamat (MSG) adalah sebutan bagi orang awam tentang micin. Selama ini micin memang dikenal sebagai zat yang bisa membuat sebuah makanan menjadi lebih nikmat. Bahkan banyak orang yang punya anggapan miring tentang micin yaitu bisa menyebabkan seseorang menjadi bodoh, benarkah demikian ?

sumber gambar : https://www.hipwee.com

Ternyata anggapan micin bisa menyebabkan kita bodoh tidak sepenuhnya benar. Memang dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa MSG jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Namun sayangnya penelitian tersebut dilakukan pada tikus dan bukan manusia yang banyak kalangan menganggap mempunyai banyak perbedaan dalam hal tingkat kecerdasan. Bukan hanya itu saja, dalam studi tersebut juga micin diberikan secara suntik dan bukan dikonsumsi sedikit demi sedikit seperti dalam sebuah makanan yang dikonsumsi manusia.

Baca Juga  Manfaat Menjadi Vegetarian Bisa Mencegah Gagal Jantung

Para pakar kesehatan akhirnya menyimpulkan bahwa belum ada bukti secara ilmiah yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung micin bisa membuat seseorang bodoh terutama pada anak-anak. Namun tak dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang sangat sensitif dengan MSG sehingga bisa memicu reaksi seperti gatal, kepala pusing, muncul keringat dingin dan mual.

Baca Juga  Bahaya Kesehatan Minum Sambil Berdiri

Meskipun demikian bukan berarti mengkonsumsi MSG dalam jumlah banyak tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan. Bagaimanapun MSG adalah penyedap makanan yang tak alami yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan banyak akan menyebabkan masalah bagi kesehatan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan micin atau MSG dalam jumlah yang wajar agar tak menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Lebih baik lagi adalah tetap memilih bahan yang alami dalam hal penyedap makanan.

Baca Juga  Hidung Sering Mimisan, Apakah Tanda Ada Penyakit Yang Berbahaya ?

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *