Apakah Benar Makan Wortel Bisa Mengatasi Gangguan Penglihatan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa sayuran wortel bisa mengatasi gangguan penglihatan mata. Ini sudah menjadi informasi yang turun menurun bagi kita. Namun apakah benar makan wortel bisa mengatasi gangguan penglihatan ?

 

Ternyata munculnya anggapan kalau wortel sangat baik bagi penglihatan berasal dari sebuah peristiwa perang antara Jerman dan Inggris. Pada saat itu banyak tentara Inggris yang iri dengan tentara Jerman yang mampu mengemudikan pesawat pada malam hari. Mereka meyakini hal ini disebabkan karena tentara Jerman suka konsumsi wortel dimanapun mereka temui.

makan-wortel

sumber gambar : PeduliSehat.info

Ternyata wortel bisa mengatasi gangguan penglihatan merupakan sebuah mitos, namun tergolong baik. Ada juga kebenarannya namun kita belum tahu banyak atau sedikit.

 

Kalau kita telusuri memang dalam sayuran wortel kaya akan kandungan nutrisi beta-karoten. Saat masuk dalam tubuh kita akan dirubah menjadi vitamin A. Kita semua tahu kalau vitamin A memang menjadi suatu molekul dasar yang bisa membantu fungsi mata.

Baca Juga  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga : Manfaat Sering Makan Wortel Bisa Mengurangi Resiko Kanker Payudara

 

Salah satu contoh peranan vitamin A bagi kesehatan mata adalah saat kita berada di ruang yang terang, kemudian kita masuk ke dalam ruangan yang gelap kita akan merasa sulit untuk melihat. Namun setelah beberapa saat mata kita berusaha untuk menyesuaikan kondisi gelap sehingga kita masih bisa melihat sedikit meskipun kondisi gelap. Itulah salah satu contoh peranan vitamin A bagi mata.

 

Untuk mendapatkan kemampuan melihat benda dalam kondisi gelap, reseptor mata yang ada dibagian belakang sangat membutuhkan molekul yang bisa larut dalam lemak seperti halnya vitamin A. Dengan bantuan molekul ini mata kita bisa melihat benda meskipun dengan sedikit cahaya.

Baca Juga  Diet Ala Orang Jepang Yang Dipercaya Bisa Membuat Panjang Umur

 

Menurut para pakar kesehatan masyarakat dunia yang bernama Johns Hopkins Bloomberg mengatakan bahwa bagi negara-negara yang angka gangguan penglihatan tinggi, maka diberikan sebuah suplemen vitamin A terutama pada kalangan anak-anak.

 

Namun di beberapa negara maju seperti di Amerika Serikat banyak orang yang berhenti mengkonsumsi vitamin A saat kebutuhan vitamin ini tercukupi. Mereka akan mengkonsumsinya lagi sebelum mereka kekurangan vitamin A.

 

Dalam tubuh kita, vitamin A akan disimpan dalam organ hati. Apabila tubuh memerlukan vitamin A maka akan dikeluarkan sedikit demi-sedikit oleh hati kita.

 

Yang perlu kita ketahui adalah kerusakan penglihatan yang muncul sejak lahir tidak akan bisa sembuh dengan mengkonsumsi vitamin A. Vitamin A hanya bisa mengatasi gangguan penglihatan yang disebabkan karena faktor kekurangan vitamin A saja.

 

Apabila kita mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang sangat banyak, maka beta-karoten akan banyak disimpan tubuh di bawah kulit. Maka tak heran jika ada seseorang yang kulitnya bisa berubah menjadi semua orange.

Baca Juga  Ternyata Buah Semangka Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung

 

Tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi jenis vitamin tertentu termasuk vitamin A. Apabila hal ini terjadi maka bisa menyebabkan efek samping rambut menjadi mudah rontok dan bisa merusak kesehatan liver atau hati.

Dalam sehari seorang pria dewasa hanya membutuhkan asupan vitamin sebanyak 900 mcg. Sedangkan bagi wanita dewasa lebih sedikit yaitu sekitar 700 mcg vitamin A dalam sehari.

Artikel Terkait : Daftar Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *