Apakah Benar Konsumsi Satu Butir Telur Sehari Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol ?

header niko 728 x 90

konsumsi telur setiap hari

InspirasiBersama.com – Siapa yang tak kenal akan manfaat telur bagi kesehatan. Bagi kebanyakan orang menyukai telur disamping rasanya yang enak, telur juga kaya akan kandungan protein. Dibalik tingginya kandungan protein, ternyata telur juga mengandung kolesterol sekitar 186 mg. Lantas apakah konsumsi satu butir telur sehari bisa meningkatkan kadar kolesterol ?

Secara umum tubuh kita membutuhkan asupan kolesterol per harinya. Namun tidak boleh melebihi standart kesehatan yang ditentukan. Menurut para ahli tubuh kita membutuhkan asupan kolesterol maksimal 300 mg kolesterol perharinya. Apabila kita mengkonsumsi kolesterol melebihi yang telah ditentukan, maka akan membuat kadar kolesterol menjadi tinggi dan memicu beberapa penyakit termasuk jantung dan stroke.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Memicu Kegemukan

Dengan kandungan kolesterol telur sebesar 186 mg, maka pada penelitian awal para ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi telur. Dengan berjalannya waktu, para ahli melakukan penelitian lanjutan yang merevisi pernyataan awal tentang konsumsi telur. Akhirnya pada tahun 2000 American Heart Association dan para ahli jantung dari Amerika menyatakan konsumsi satu butir telur setiap hari aman bagi kesehatan. Artinya tidak meningkatkan kadar kolesterol. Bahkan menurut para pakar mengatakan konsumsi tinggi kolesterol yang berasal dari telur tidak terbukti menimbulkan masalah pada jantung.

Baca Juga  Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan

Meskipun para pakar kesehatan banyak yang mengatakan konsumsi kolesterol yang berasal dari telur tidak berdampak pada timbulnya penyakit jantung, maka sebaiknya kita memilih jalan yang aman saja. Pada intinya apapun yang dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan hal yang tidak baik. Artinya apabila anda sangat hobi mengkonsumsi telur setiap hari, maka usahakan jangan melebihi satu butir telur. Hal ini untuk mengantisipasi resiko peningkatan kadar kolesterol.

Hal ini dilakukan karena dalam sehari setiap orang mempunyai perbedaan makanan yang dikonsumsi. Banyak orang yang mengkonsumsi kolesterol melebihi yang dianjurkan oleh pakar kesehatan. Untuk mengimbangi makanan yang kita konsumsi mengandung kolesterol, maka perbanyak konsumsi buah dan sayur yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga  Mengenali Gejala Awal Asma dan Pertolongan Pertama Yang Harus dilakukan

 

Artikel Terkait : Makanan Yang Sangat Bagus Untuk Menurunkan Kolesterol

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *