Apakah Benar Air Kelapa Bisa Bermanfaat Melancarkan Persalinan ?

header niko 728 x 90

minum air kelapa bagi ibu hamil

InspirasiBersama.com – Apakah anda pernah mendengar mitos bahwa dengan minum air kelapa bisa bermanfaat melancarkan persalinan ? Apakah benar demikian ?. Saat seorang wanita hamil pasti pernah mendengar saran-saran dari para orang tua untuk banyak minum air kelapa dengan harapan bisa menghadapi persalinan dengan mudah. Hampir kebanyakan orang tua menyarankan demikian.

Saat seorang wanita hamil maka perlu sekali untuk memperhatikan aspek kesehatan termasuk aktifitas fisik dan asupan makanan. Hal ini dilakukan dengan harapan melahirkan buah hati dengan sempurna tanpa adanya kekurungan fisik maupun mental pada sang buah hati. Ini adalah harapan semua wanita hamil.

Saat usia kehamilan seorang wanita mulai menginjak trimester ketiga, maka disitu seorang ibu akan berusaha mempersiapkan fisik dan mentalnya untuk bisa melahirkan buah hati dengan selamat. Ini memeng bukan perkara yang mudah terlebih bagi para ibu yang belum mempunyai seorang anak. Persiapan fisik dan mental yang kuat perlu dilakukan. Dari situ maka tak jarang kita akan mendengar banyak anjuran dari para orang tua untuk melakukan beberapa hal yang bisa membuat persalinan menjadi lancar. Salah satu anjuran orang tua yang banyak kita dengar adalah dengan mengkonsumsi air kelapa agar persalinan kita menjadi lebih lancar.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kita tidak akan pernah mengetahui bagaimana mitos banyak minum air kelapa bisa melancarkan persalinan membuat para orang tua kita mempercayainya. Namun mitos yang beredar sampai saat ini memang dengan banyak minum air kelapa akan mampu membuat proses persalinan menjadi lancar. Kabar buruknya adalah ternyata itu hanya mitos belaka.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan minum air kelapa tidak akan memberikan efek memudahkan dalam persalinan. Hanya saja kebanyakan dari para ibu sudah tersugesti dengan anjuran para orang tua tersebut. Alhasil memang bisa membuat para ibu merasa lebih tenang saat menghadapi persalinan.

Baca Juga  Benarkah Banyak Konsumsi Gula Bisa Memicu Munculnya Kanker ?

Para pakar kesehatan kehamilan mengatakan minum air kelapa secara medis memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi organ pencernaan, namun tidak ada bukti secara ilmiah dengan banyak minum air kelapa akan membuat persalinana para ibu menjadi lebih lancar. Yang harus diperhatikan oleh para ibu hamil adalah pentingnya menjaga berat badan idela saat hamil. Hal ini sangat penting bagi kesehatan bayi dan ibu terutama saat melahirkan nanti.

Mengapa sangat penting menjaga berat badan ideal bagi ibu hamil ? hal ini dikarenakan saat seorang wanita hamil mengalami peningkatan berat badan yang sangat tinggi, maka akan beresiko memiliki bayi yang juga memiliki berat badan yang besar. Akibatnya akan menyulitkan saat kelahiran. Normalnya seorang wanita hamil sampai pada melahirkan akan mengalami peningkatan berat badan antara 12 sampai 14 kg. Jika kenaikan berat badan ternyata kurang dari 12 kg, maka ibu hamil sangat disarankan untuk meningkatkan asupan gizi agar bayi yang dikandung memiliki berat badan yang ideal.

Baca Juga  Tips Mudah Mengatasi Sering Lupa Dengan Rajin Berolahraga

Itulah penjelasan tentang apakah benar air kelapa bisa bermanfaat melancarkan persalinan. Semoga dengan membaca informasi ini kita semakin pintar untuk memahami tentang kehamilan dan proses persalinan yang sehat.

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *