Apakah Aman Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya tahu kalau ikan mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Oleh karena itu para ahli nutrisi dunia sangat menyarankan untuk mengkonsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu. Namun bagaimana jika ternyata kita mengkonsumsinya setiap hari ?

 

Hal ini sering menjadi pertanyaan bagi mereka yang sangat suka mengkonsumsi ikan. Menurut seorang profesor epidemiologi dan nutrisi dunia yang bernama Eric Rimm mengatakan bahwa pada sebagian orang makan ikan setiap hari tidak menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini dinilai lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi daging setiap hari.

makan-ikan-setiap-hari

sumber gambar : doktersehat.com

Meskipun demikian bukan berarti makan ikan setiap hari aman bagi setiap orang. Misalnya saja bagi seorang ibu yang sedang hamil. Mengkonsumsi jenis ikan tertentu misalnya saja tuna, todak atau jenis ikan yang mempunyai usia yang lebih lama ternyata tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Mengapa demikian ? Karena jenis ikan tersebut jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan efek samping mengakumulasi racun.

Baca Juga  Tips Mengurangi Bau Badan Pada Pria

 

Dengan demikian mengkonsumsi ikan setiap hari bagi ibu hamil tidak baik karena bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung. Perilaku ini bisa menyebabkan beberapa gangguan perkembangan pada janin.

Baca Juga : Manfaat Makan Ikan Tuna Saat Hamil

 

Selain itu ikan yang mempunyai ukuran lebih besar dan usia yang lebih lama, menurut para ahli lebih banyak mengandung racun seperti merkuri yang bisa membahayakan tubuh manusia. Hal ini berbeda dengan jenis ikan yang tergolong kecil.

Baca Juga  Tidak disarankan Menggunakan Losion Bersamaan Dengan Parfum

 

Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi ikan ukuran besar setiap hari mungkin tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan yang berarti. Namun jika hal ini dikonsumsi setiap hari oleh wanita yang sedang hamil akan menyebabkan efek samping yang serius.

 

Ada beberapa kasus orang dewasa yang mengkonsumsi ikan setiap hari juga bisa beresiko mengalami gangguan neurologis. Beberapa gejala yang sering dialami adalah terasa kepala pusing dan sulit untuk berkonsentrasi.

 

Oleh karena itu makan ikan menurut para ahli disarankan setidaknya seminggu dua kali, jangan setiap hari untuk menghindari beberapa efek samping yang kemungkinan bisa muncul.

 

Banyak kalangan ilmuwan yang mengatakan bahwa mereka yang hanya mengkonsumsi ikan beberapa kali saja dalam seminggu ternyata mempunyai resiko yang lebih rendah terhadap serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang setiap hari mengkonsumsi ikan.

Baca Juga  Sakit Jantung Bisa Disebabkan Karena Sering Kerja Lembur

 

Kita tahu bahwa dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bagus bagi kesehatan jantung. Bukan hanya itu saja kandungan asam lemak omega-3 juga berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif otak dan sangat bagus bagi perkembangan otak bayi.

Artikel Terkait : Mengenal Jenis Ikan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *