Apakah Aluminium Foil Aman digunakan Untuk Memasak ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memasak atau memanggang menggunakan aluminium foil memang bisa membuat waktu terasa lebih cepat dan tentunya praktis. Tetapi tahukah kita bahwa memilih aluminium foil untuk memasak makanan bukanlah pilihan yang aman bagi kesehatan.

Sejerah penemuan aluminium foil berawal pada tahun 1910 yang ditemukan oleh Dr. Lauber, Neher & Cie yang berasal dari Swiss. Semenjak ditemukan aluminium foil, maka banyak orang berubah cara memasak makanan.

sumber gambar : http://www.pugam.com

Sejak pertama kali ditemukan, aluminium foil yang berwarna keperakan sering kali digunakan untuk pembungkus permen. Namun seiring dengan perkembangan jaman, aluminium foil banyak digunakan untuk memasak, memanggang ikan dan sebagai pembungkus makanan.

Baca Juga  Begini Cara Mengusir Hidung Yang Mampet

Dengan semakin banyaknya orang menggunakan aluminum foil untuk makanan, maka membuat prihatin banyak para ahli. Berdasarkan banyak penelitian menyebutkan bahwa memasak dengan menggunakan bahan aluminium foil akan menyebabkan banyak zat kimia yang larut dalam sebuah makanan. Jika zat kimia ini masuk ke dalam tubuh manusia, tentu akan menyebabkan masalah kesehatan.

Secara alamiah tubuh manusia memang sudah dibekali sistem pembuangan racun termasuk aluminium secara otomatis. Bahkan menurut WHO kemampuan tubuh manusia membuang aluminum sampai 40 mg sehari. Namun yang menjadi masalah adalah banyak orang mengkonsumsi makanan terkontaminasi zat kimia berbahaya melebihi batas aman yang ditentukan.

Kalau tubuh manusia kemasukan bahan aluminium foil secara berlebihan akan menyebabkan masalah pada pertumbuhan sel, gangguan pada otak yang bisa memicu penyakit seperti Alzheimer.

Baca Juga  Apa Saja Penyebab Kulit Kita Terlihat Cepat Tua

Baca Juga : Sering Memasak Dengan Suhu Tinggi Dalam Waktu Yang Lama Bisa Memicu Kanker

Bukti banyaknya bahan makanan yang terkontaminasi aluminium berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2012 dan sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Internatoinal Journal of Electrochemical.

Disebutkan bahwa jumlah aluminium yang terkandung dalam makanan yang menggunakan aluminium foil bervariasi tergantung tingkat temperatur dan keasaman, misalnya saja ikan dan tomat yang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Ini artinya bahwa jika kita memasak makanan dengan aluminium foil dengan suhu tinggi, maka resiko aluminum yang larut akan tinggi. Kondisi ini dipengaruhi oleh bumbu, garam yang terdapat pada makanan tersebut.

Baca Juga  Efek Campuran Krimer Instan Bisa Mengurangi Manfaat Sehat Kopi

Dengan adanya hasil penelitian tersebut, maka sebaiknya kita mengurangi penggunaan aluminum foil untuk memasak makanan. Mungkin alternatif yang lebih alami adalah dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus memasak makanan.

Artikel Terkait : Tips Memasak Agar Kandungan Gizi Tetap Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *