Apa Yang Terjadi Saat Kita Menguap ?

header niko 728 x 90

menguap

InspirasiBersama.com – Pasti semua orang pernah mengalami menguap, apalagi jika kita terasa lelah dan mengantuk. Apa hanya itu bagian dari rasa ngantuk dan lelah saja ?. Para ahli mengungkap fakta dibalik kegiatan menguap yang dihubungkan dengan kesehatan manusia. Apa yang terjadi saat kita menguap ? berikut penjelasannya :

 

Menguap benar-benar menular

Fakta unik dari menguap adalah berdasarkan sebuah studi ternyata menguap itu menular. Mereka yang melihat orang lain menguap baik secara langsung, lewat video akan mengalami ikut menguap sekitar 50 persen. Hal yang sama terjadi pada binatang. Untuk itu apabila kita menguap pada area umum maka sangat disarankan untuk menutup mulut kita.

Baca Juga  Makanan Yang Terbilang Super Untuk dikonsumsi Pada Pagi Hari

 

Menguap lebih mudah menular di antara teman-teman dekat

Fakta unik selanjutnya adalah menguap akan lebih mudah menular kepada teman dekat kita. Artinya kalau kita melihat orang lain menguap dan orang tersebut memiliki hubungan yang erat kepada kita misalkan keluarga atau teman, maka resiko kita tertular menguap akan semakin besar. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012.

 

Menguap mungkin tanda penyakit

Baca Juga  Banyak Kalangan Remaja Yang Menjadikan Valentine Sebagai Ajang Pamer Pasangan

Saat seorang sering melakukan menguap maka bisa jadi itu pertanda ada masalah dengan istirahat tidur kita. Mungkin kurang waktu tidur atau tidur kurang berkualitas dan bukan sebagai tanda penyakit yang serius.

Tetapi menurut sebuah lembaga internasional yaitu National Institute of Health mengatakan orang yang menguap disebabkan oleh masalah pada saraf vagus yang bisa jadi menjadi indikasi adanya masalah pada jantung.

 

Janin pun bisa menguap

Seorang bayi yang baru lahir juga sering melakukan menguap. Ini adalah fakta yang unik tentang menguap.

Baca Juga  Bisakah Orang Gemuk Menjadi Sehat ?

 

Rata-rata kita menguap selama enam detik

Saat seseorang menguap rata-rata membutuhkan waktu sekitar enam detik. Saat itu akan terjadi peningkatan aktivitas jantung berupa detak jantung yang meningkat signifikan.

 

Artikel Terkait : Apa Saja Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *