Apa Yang Terjadi Saat Kita Marah ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa suka marah atau frustasi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Padahal kalau kita teliti, sering kali kita marah oleh beberapa sebab. Mengapa marah bisa berdampak buruk bagi kesehatan ? Inilah yang terjadi saat kita marah :

 

Otak

Tahukah kita bahwa seseorang saat marah, maka bisa menyebabkan kondisi darah menjadi mendidih dan menggumpal yang bisa menghambat aliran darah ke otak.

bahaya-marah

sumber gambar : www.doktercewek.com

 

Berdasarkan sebuah data yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa seseorang yang marah akan meningkatkan resiko stroke iskemik sampai tiga kali lipat selama dua jam pasca marah. Masih suka marah ????

Baca Juga  Benarkah Menggunakan Bra Bisa Memicu Kanker Payudara ?

Baca Juga : Manfaat Mempunyai Sifat Yang Sabar Bisa Memperpanjang Usia

 

jantung

Dampak buruk orang yang suka marah selanjutnya adalah berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan dan dipublikasikan dalam European Heart Journal menyatakan bahwa orang yang suka marah akan meningkatkan resiko penyakit jantung sampai 8,5 kali lipat.

 

Bukan hanya itu saja, dalam studi yang lain yang berasal dari University of California di Barkeley mengatakan bahwa seseorang yang suka marah akan meningkatkan resiko penyakit darah tinggi, sering mengalami nyeri dada dan gangguan pada kardiovaskuler.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin ?

 

Kulit

Saat seseorang marah, maka kulit kita akan merespon dengan buruk. Coba saja kita amati seseorang yang sedang marah, maka kulitnya akan berubah menjadi merah yang bisa memicu munculnya dermatitis atopik.

 

Punggung

Ternyata suka memendam kemarahan juga kurang bagus bagi kesehatan. berdasarkan sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotions menyebutkan bahwa seseorang yang suka menghindar dari permasalahan dan lebih memilih untuk memendam kemarahan beresiko besar mengalami rasa sakit pada daerah punggung, otot menjadi mudah kaku dan leher sering sakit.

Baca Juga  Cara Mudah Meningkatkan Ketajaman Memori Otak Dengan Napas Dalam

 

Paru

Yang terakhir adalah seseorang yang marah hebat, maka bisa menyebabkan gangguan pada paru. Ini menyebabkan kondisi jalan napas menjadi kurang lancar yang membuat kita sedikit kesulitan untuk bernapas.

Artikel Terkait : Dampak Buruk Wanita Yang Mudah Marah di Tempat Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *