Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Seseorang Wanita Menstruasi ?

header niko 728 x 90

wanita sedang haid

InspirasiBersama.com – Menstruasi bagi seorang wanita merupakan hal yang sangat bermanfaat dari segi kesehatan. Dengan melakukan menstruasi, dalam tubuh wanita melakukan proses pembuangan darah kotor dalam tubuh. Apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh wanita yang mengalami menstruasi ?

Meskipun merupakan peristiwa yang lumrah terjadi pada setiap wanita, namun bagi sebagian wanita menstruasi merupakan bisa sangat menyiksa. Hal ini dikarenakan saat seorang wanita menstruasi mengalami perubahan mood dan rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Berikut yang terjadi pada tubuh wanita saat menstruasi berdasarkan sebuah penelitian :

 

1. Mudah terinfeksi bakteri

Yang terjadi saat menstruasi adalah terjadinya perubahan pH pada vagina wanita. Hal sesuai dengan pernyataan Dr. Jennifer Wider yang merupakan salah seorang juru bicara Society of Women’s Health Research.

Saat menstruasi terjadi, maka secara otomatis pH dalam vagina perempuan akan mengalami peningkatan. Bukan hanya itu saja ada banyak perubahan keseimbangan hormon yang terjadi saat wanita menstruasi. Beberapa perubahan inilah membuat seorang wanita yang haid rentan terinfeksi bakteri.

Baca Juga  Pasangan Yang Bahagia Dalam Pernikahan Akan Membuat Panjang Umur

 

2. Kadar estrogen yang rendah menyebabkan sensitivitas pada rasa sakit

Saat seorang wanita mengalami menstruasi maka kadar hormon estrogen akan menurun. Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Oxford menyatakan bahwa penurunan kadar estrogen menyebabkan seorang wanita lebih merasakan rasa nyeri saat haid. Namun setiap wanita mempunyai sensivitas ambang nyeri yang berbeda-beda.

 

Hal ini menyebabkan saat seorang wanita menstruasi akan lebih sering mengalami rasa nyeri. Maka tidak heran kita sering melihat seorang wanita yang sedang haid dan mengeluhkan rasa sakit pada bagian tubuhnya. Ini terjadi secara wajar yang berhubungan dengan penurunan hormon estrogen yang salah satu fungsinya berperan dalam menekan rasa sakit.

Baca Juga  Benarkah Diet Paleo Tidak Sehat dan Beresiko Gemuk ?

 

3. Rasa sakit saat menstruasi saling berkaitan

 

Kebanyakan kalau kita melihat keluhan nyeri wanita yang menstruasi terjadi pada bagian perut. Namun tahukah kita bahwa rasa nyeri yang terjadi pada bagian tubuh wanita yang haid saling berkaitan. Hal ini terbukti mereka yang mengeluhkan nyeri, biasanya bukan hanya terjadi pada bagian perut saja namun terjadi juga pada bagian tubuh yang lain misalnya punggung dan kaki.

Yang menyebabkan rasa nyeri yang terjadi saling berkaitan adalah karena faktor saraf pada bagian pinggul wanita. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dr Elizabeth Lyster yang berasal dari Holtorf Medical Group.

Kita tahu bahwa saraf pada manusia seperti halnya sarang yang saling berkaitan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?

 

4. Siklus menstruasi memengaruhi suara

Yang terjadi saat tubuh wanita mengalami menstruasi adalah dampaknya berpengaruh pada suara. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog yang bernama Nathan Pipitone dan Gordon Gallap.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *