Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?

header niko 728 x 90

zinc

InspirasiBersama.com – Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan zinc ?. Untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, maka kita memerlukan asupan makanan yang banyak mengandung zinc atau seng. Tubuh kita membutuhkan asupan zinc yang cukup.

Bagaimana jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc ?. Saat kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, maka bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan misalnya mual, muntah dan gangguan pada usus.

Pentingnya asupan zinc ini disebutkan dalam sebuah hasil studi  dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition yang menyatakan bahwa apabila seseorang kekurangan zinc, maka akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang terbilang tidak terdeteksi.

Baca Juga  Mengapa Wanita Saat Haid Nafsu Makannya Meningkat?

Ada banyak gangguan yang akan kita alami jika mengalami defisiensi zinc mulai dari masalah pada saluran pernapasan bawah, malaria dan diare. Bukan hanya itu saja, menurut WHO kondisi kekurangan asupan zinc juga kerap menyebabkan gangguan pada proses menyusui, gangguan pada berbagai organ dan bisa menyebabkan kematian.

Selain itu banyak gangguan kesehatan yang juga dikaitkan dengan kekurangan asupan zinc yang banyak orang tidak menyadarinya yaitu proses penyembuhan jerawat yang lama, gangguan pada neurologis dan menyebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga  Bakteri Bisa Bersembunyi Pada Botol Minuman

Dalam sebuah studi yang lain yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa kekurangan asupan zinc pada hewan bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang bersifat jangka pendek.

Gangguan yang terjadi pada hewan akibat defisiensi zinc menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang gejalanya hampir tidak terlihat. Gangguan tersebut akan menyebabkan perubahan pada hati dan darah hewan.

Saat kekurangan zinc menyerang pada saluran pencernaan, maka penderita bisa mengalami penurunan nafsu makan, sulit mencerna makanan yang masuk sehingga membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi yang masuk, sehingga akan menyebabkan  berat badan turun.

Untuk menghindari kekurangan asupan zinc, maka kita bisa mengatasinya dengan sering mengkonsumsi telur yang kaya akan kandungan zinc. Selain telur, ada beberapa makanan yang lain yang banyak mengandung zinc yaitu daging, makanan laut, biji-bijian, kacang polong dan lentil.

Baca Juga  Benarkah Suka Bermain Musik Bisa Meningkatkan Kecerdasan ?

Artikel Terkait : Kekurangan Asupan Vitamin Bisa Menyebabkan Kegemukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *