Apa Yang Terjadi Jika Kita Berhenti Minum Air ?

header niko 728 x 90

bahaya jika kurang minum

InspirasiBersama.com – Air memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Bahkan menurut ilmu kedokteran tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Artinya hampir separuh lebih tubuh kita terdiri dari air. Ada banyak organ vital tubuh kita yang hampir kebanyakan terdiri dari air, misalnya paru-paru, otak dan jantung. Lalu kemudian apa yang terjadi jika kita berhenti minum air ?

Untuk itu para pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk banyak konsumsi air. Ada banyak organ penting tubuh kita yang sangat membutuhkan air dalam menjalankan fungsi vitalnya. Misalnya dengan minum air yang cukup maka kita bisa terhindar dari suhu tubuh yang tinggi, dengan air tulang dan sendi kita menjadi bebas bergerak seperti pelumas, dengan minum air cukup membuat tekanan darah kita lebih stabil, membuat kinerja otak lebih stabil, menurunkan kecemasan dan menghindarkan dari kulit yang kering.

Baca Juga  Ada 3 Jenis Kebiasaan Yang Bisa Membuat Metabolisme Tubuh Kita Melambat

Salah satu dampak jika kita berhenti minum air dalam waktu yang cukup lama adalah kita akan mengalami dehidrasi, meningkatkan resiko diabetes, membuat berat badan mudah meningkat, memningkatkan kadar kolesterol, memicu tekanan darah tinggi dan menyebabkan sembelit. Bukan hanya itu saja, saat kita mengalami dehidrasi maka membuat kemampuan otak kita menurun secara drastis.

Dehidrasi merupakan kondisi yang tidak bisa kita anggap remeh. Saat kita mengalami dehidrasi, maka otak kita akan merangsang syaraf untuk menyampaikan sinyal haus yang mendorong kita untuk konsumsi air. Hal ini akan membuat darah kita mempertahankan banyak air untuk tidak banyak dibuang melalui ginjal. Oleh karena itu saat kita mengalami dehidrasi, maka air kencing kita akan cenderung berwarna kuning pekat atau gelap.

Baca Juga  Penderita Kanker Tidak Hanya Membutuhkan Perawatan Medis Saja, Psikis Juga Penting

Efek dehidrasi juga berdampak serius bagi kesehatan otak kita. Kondisi dehidrasi bisa membuat otak kita menjadi lebih menyusut. Apabila kita membiarkan kondisi dehidrasi ini dalam jangka waktu yang lama misalnya sampai pada 24 jam, maka bisa menyebabkan resiko kematian.

Mengingat pentingnya air dan bahaya jika kita kekurangan air, maka para ahli sangat menyarankan untuk mengkonsumsi air secara cukup. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi air minimal 2,5 liter air dalam sehari. Atau jika dihitung dalam gelas sebanyak 8 gelas sehari. Kondisi ini bisa lebih tinggi jika anda mempunyai aktifitas yang tinggi serta berada dalam lingkungan yang panas. Selain itu para pakar juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi air putih karena bersifat alami dan tidak mempunyai efek samping.

Baca Juga  Perut Buncit Setelah Melahirkan, Apa Kata Dokter ?

Artikel Terkait : Pentingnya Minum Air Dalam Ruangan AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *