Apa Yang Terjadi Akibat Minum Obat Palsu ?

header niko 728 x 90

obat palsu

InspirasiBersama.com – Akhir- akhir ini banyak beredar obat palsu. Obat palsu sangat berbeda dengan obat yang asli. Kalau obat palsu dalam proses pembuatannya tidak jelas, mulai dari bahan, cara pengolahan sampai pada takaran dosis yang diberikan. Karena itulah sangat berbahaya saat kita mengkonsumsi obat palsu. Bahkan tidak jarang ada yang sampai meninggal dunia karena minum obat palsu.

Menurut Masfar Salim yang merupakan Ketua Komite Kajian Obat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan apabila seseorang minum obat palsu maka bisa dipastikan penyakitnya tidak akan sembuh. Hal ini dikarenakan kandungan obat palsu biasanya hanya berisi tepung sehingga tidak bisa menyembuhkan penyakit.

Baca Juga  Ciri Nyeri Dada Yang Bukan Gejala Serangan Jantung

Masfar Salim bahkan pernah menjumpai seseorang yang berobat ke dokter karena penyakitnya tidak sembuh-sembuh. Padahal dia sudah minum obat cukup lama. Ternyata setelah diteliti orang tersebut minum obat palsu yang dia beli di toko obat sembarangan.

Saat obat yang dipalsukan adalah obat antibiotik, maka dampaknya bisa membuat resistensi terhadap mikroba. Saat seseorang minum obat antibiotik palsu maka kuman atau bakteri tidak akan mati malah bisa menimbulkan resisten. Dalam membeli obat antibiotik seharusnya tidak boleh sembarangan, harus dengan resep dokter.

Baca Juga  Benarkah Banyak Konsumsi Gula Bisa Memicu Munculnya Kanker ?

Bahaya yang lebih berat saat kita mengkonsumsi obat palsu adalah bisa menyebabkan kematian. Hal dikarenakan penyakit tidak sembuh-sembuh akibat obat yang diminum palsu. Bahkan pada sebagian orang minum obat palsu juga bisa menyebabkan alergi.

Dengan beredarnya obat palsu ini, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dalam membeli obat. Yang harus diperhatikan adalah jangan membeli obat pada tempat sembarangan, belilah obat pada toko obat yang resmi misalnya apotek. Selain itu periksa kemasan dan tekstur obat saat membeli. Apabila saat membeli obat kemasan sudah sedikit terbuka, maka sebaiknya anda tidak menerimanya. Mintalah diganti dengan obat lainnya yang kemasannya tertutup rapat.

Baca Juga  Tidak Disarankan Minum Kopi Jika Muncul Gejala Ini

 

Artikel Terkait : Tips Mengenali Obat Yang Kadaluarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *