Apa Yang Menyebabkan Seseorang Bisa Pingsan Mendadak ?

header niko 728 x 90

penyebab pingsan

InspirasiBersama.com – Masih ingatkah kita saat masa sekolah dulu. Orang tua kita selalu menyuruh kita untuk selalu sarapan sebelum berangkat sekolah agar tidak pingsan saat sekolah. Memang sering kita melihat seseorang yang pingsan saat upacara bendera saat sekolah dulu. Saat di tanya mereka biasanya menjawab karena belum sarapan alias perut kosong. Dari situ kebanyakan orang menganggap pingsan terjadi akibat perut yang kosong saat kita beraktivitas. Secara kesehatan apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang bisa pingsan mendadak ?

Menurut ilmu kesehatan pingsan berarti hilangnya kesadaran seseorang yang disebabkan karena adanya hambatan atau kurangnya aliran oksigen yang mengarah ke otak. Namun menyikapi perut yang kosong bisa menyebabkan pingsan, para ahli kesehatan

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Gagal Ginjal

Juga membenarkan. Mengapa demikian ? karena saat perut kita kosong karena belum sarapan atau makan siang akan membuat suplai nutrisi dan oksigen menuju otak terganggu karena tidak adanya energi. Untuk itu sarapan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas adalah sangat penting agar kita terhindar dari pingsan secara mendadak.

Penyebab lain seseorang pingsan secara mendadak adanya mempunyai riwayat darah rendah. Bagi anda yang sering mengalami tekanan darah rendah maka beresiko tinggi mengalami pingsan. Apalagi kalau anda jarang melakukan sarapan dan makan tepat waktu. Selain itu tidak teraturnya detaak jantung juga memicu seseorang bisa pingsan. Hal ini dikarenakan saat detak jantung tidak teratur berarti ada masalah pada aliran darah menuju jantung yang secara otomatis juga menghambat aliran darah ke otak.

Baca Juga  Ternyata Migrain Bisa Disebabkan Karena Adanya Kekerasan Emosional Saat Anak-anak

Bagi wanita yang hamil pertama kali juga beresiko mengalami pingsan. Resiko pingsan sering terjadi pada trimester pertama kehamilan karena perubahan keseimbangan hormon yang membuat ibu hamil tidak nafsu makan karena merasa mual dan muntah. Jika seorang ibu hamil tidak pandai-pandai mengatur pola makan, maka resiko pingsan akan sering terjadi. Untuk itu konsultasikan kepada dokter kandungan tentang bagaimana mengatur pola makan yang benar saat merasa tidak nafsu untuk makan.

Baca Juga  Dibalik Rasanya Yang Asam, Jeruk Nipis Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan

 

Artikel Terkait : Pentingnya Sarapan Walaupun Lagi Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *