Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Memiliki Tubuh Yang Pendek ?

header niko 728 x 90

anak yang kurang tinggi

InspirasiBersama.com – Memiliki seorang anak dengan tinggi badan yang tergolong pendek membuat orang tua merasa ada yang kurang. Masalah tinggi badan anak yang kurang menjadi sebuah masalah yang sering terjadi di Indonesia. Banyak orang tua yang kurang mengerti apa yang menyebabkan seorang anak memiliki tinggi badan yang tergolong pendek.

Kebanyakan dari para orang tua menganggap kalau anak yang kurang tinggi disebabkan karena faktor keturunan. Hal ini memang benar, namun tidak sepenuhnya disebabkan karena keturunan.

Padahal menurut seorang ahli, seorang anak yang memiliki tinggi badan yang kurang lebih banyak disebabkan karena faktor kekurangan asupan gizi. Asupan gizi yang kurang pada anak akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi kurang maksimal yang menyebabkan tinggi badan menjadi kurang.

Baca Juga  Ini Dia Dampak Negatif Sering Menggunakan Korek Kuping

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kondisi anak yang kurang tinggi atau stunting akan mengalami perkembangan otak yang kurang maksimal sehingga mempengaruhi kecerdasan seorang anak. Disamping itu seorang anak yang mengalami stunting juga sangat rentan untuk mengalami obesitas yang bisa memicu beberapa penyakit seperti diabetes dan jantung.

Seorang anak yang mengalami gizi yang kurang baik, lebih banyak disebabkan karena pemberian ASI yang kurang optimal pada masa kecil. Sering kali kita melihat seorang anak yang tidak mendapatkan ASI secara eksklusif dan hanya mendapatkan susu formula.

Baca Juga  Anda Harus Waspada Penggunaan Terapi Tradisional

Kita tahu bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi seorang bayi sampai usia dua tahun. Bahkan pemberian ASI juga bisa mempengaruhi seorang anak mengalami tinggi badan yang kurang atau stunting.

Untuk mencegah agar anak tidak mengalami tinggi badan yang kurang atau stunting, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi sejak usia kehamilan sampai usia anak dua tahun. Berikan ASI secara eksklusif kepada bayi baru lahir sampai usia enam bulan. Bahkan lebih baik lagi sampai usia dua tahun.

Baca Juga  Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Nyeri

Artikel Terkait : Beberapa Tanda Kalau Anak Bergizi Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *