Apa Yang Menyebabkan Sayur Cepat Layu Meskipun Sudah Masuk Kulkas ?

header niko 728 x 90

buah dan sayur dalam kulkas

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu rumah tangga, pertanyaan apa yang menyebabkan sayur cepat layu meskipun sudah masuk kulkas pernah terlintas di benak kita. Kondisi cepat layunya sayur atau buah yang sudah ditaruh kulkas bisa disebabkan karena kita salah menempatkan sayur dan buah pada tempat yang salah atau juga bisa disebabkan karena kulkas sendiri yang bermasalah pada suhu.

Berdasarkan pendapat seorang ahli gizi yang bernama Jansen Ongko mengatakan bahwa saat sayur dan buah kita simpan dalam kulkas, maka secara otomatis kadar airnya akan menurun. Kondisi ini juga bisa memicu cepat layu.

Kondisi kehilangan banyak cairan dalam buah dan sayur yang ditaruh dikulkas kerap disebabkan karena masalah kelembaban kulkas itu sendiri. Saat kelembaban dalam kulkas menurun, maka warna sayur dan buah akan berubah menjadi kekuningan dan layu.

Baca Juga  Amankah Menyimpan Telur Dalam Kulkas ?

Baca Juga : Manfaat Sering Makan Sayur Bisa Membuat Panjang Umur

Untuk menghindari hal yang seperti ini, maka jika anda meletakkan sayur dan buah dalam kulkas, maka letakkan pada tempat khusus untuk menyimpan sayur dan buah. Jika hal itu masih menyebabkan layu, maka bisa jadi kulkas anda bermasalah pada suhu kelembabannya. Atau anda bisa membeli kulkas khusus untuk menyimpan sayur dan buah agar tidak mudah layu.

Saat kita menjumpai sayuran yang berwarna hijau berubah warna menjadi kekuningan dan terlihat layu, maka yang terjadi adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran dan buah tadi menurun.

Menurut seorang direktur marketing PT. Samsung Elektonics Indonesia mengatakan bahwa terjadinya mudah layu pada sayur dan buah yang ditaruh dikulkas lebih sering disebabkan karena lemari es itu sendiri yang hanya mempunyai satu sistem pendingin. Ini artinya antara bagian freezer dan bagian bawah kulkas terhubung menjadi satu yang membuat suhu kulkas menjadi kurang dingin.

Baca Juga  Jika Sedang Sakit Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh

 

Ada banyak kekurangan saat kita membeli kulkas dengan satu sistem pendingin. Selain sering menyebabkan mudah layunya sayur dan buah, lemari dengan hanya satu sistem pendingin juga rentan terjadi kontaminasi antara makanan yang disimpan di freezer dan bagian bawah kulkas.

Coba bayangkan jika kita menyimpan daging dan aneka sayur dan buah pada jenis kulkas yang mempunyai satu sistem pendingin, maka resiko menyebarnya bau daging akan tersebar kesemua jenis sayur, buah dan makanan lain yang kita taruh dalam kulkas.

Baca Juga  Pentingnya Membersihkan Lensa Kontak Mata

Untuk menghindari cepat layunya sayur dan daging, sangat disarankan anda untuk memilih jenis kulkas yang mempunyai dua sistem pendingin atau twin cooling. Dengan demikian maka sayur dan buah yang kita simpan dalam kulkas tidak mudah layu dan kandungan nutrisinya masih tetap terjaga.

Artikel Terkait : Baca Juga Cara Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *