Apa Yang Menyebabkan Pasien Bipolar Melakukan Bunuh Diri ?

header niko 728 x 90

orang bipolar

InspirasiBersama.com – Salah seorang dokter spesialis kejiwaan menyatakan bahwa seseorang yang terdiagnosa bipolar, 25-60 persen kemungkinan akan melakukan percobaan bunuh diri. Apa yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi pada pasien bipolar ?

Berdasarkan sebuah hasil data menyebutkan bahwa angka kejadian bunuh diri pada kasus pasien bipolar mencapai 15 sampai 20 persen. Banyak diantara mereka yang tidak tertolong. Data ini berdasarkan kota Jakarta.

Tingginya angka percobaan bunuh diri pada pasien bipolar, mendorong para ahli untuk lebih banyak mensosialisasikan beberapa faktor resiko yang membuat seorang bipolar melakukan percobaan bunuh diri. Dengan demikian, apabila diantara keluarga kita ada yang mengalami hal ini, maka kita bisa melakukan pencegahan agar tidak melakukan percobaan bunuh diri.

Baca Juga  Apa Manfaat Kencing Jongkok bagi Seorang Pria ?

Orang yang mengalami bipolar akan memasuki fase yang namanya depresi. Pada kondisi depresi inilah mereka sering berupaya untuk melakukan percobaan bunuh diri. Hal ini disebabkan karena pada fase tersebut mereka merasa sedih yang berkepanjangan.

Baca Juga : Tips Meredakan Kecemasan Secara Cepat dan Efektif

Dalam ilmu kejiwaan, saat seseorang mengalami depresi dan suka menyendiri, maka akan timbul yang namanya halusinasi atau bisikan. Halusinasi ini banyak bentuknya, ada yang berupa merasa mendengar bisikan, merasa melihat sesuatu yang pada intinya menyalahkan diri sendiri yang kemudian adanya dorongan untuk melakukan bunuh diri.

Selain itu seseorang yang mengalami bipolar pada usia muda yang terbilang terlambat untuk terdiagnosa juga menjadi faktor resiko yang menyebabkan percobaan bunuh diri dilakukan.

Baca Juga  Ini Dampak Negatif Merokok di Depan Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan dari mereka yang menderita bipolar terbilang terlambat terdiagnosa oleh dokter. Oleh karena itu pengobatan pasien bipolar juga akan terlambat.

Sebenarnya ada banyak penyebab seseorang bipolar melakukan percobaan bunuh diri, diantaranya adalah mereka yang sering mendapatkan kekerasan seksual saat kecil, sering mendapatkan kekerasan fisik dan verbal pada masa kecil, tidak mempunyai pekerjaan dan sering mendapatkan ejekan atau dipermalukan juga bisa menyumbang penyebab seorang bipolar melakukan percobaan bunuh diri.

Seseorang yang secara tiba-tiba mendapatkan berita kalau dirinya di PHK juga bisa mengalami bipolar dan bisa mendorong seseorang untuk melakukan percobaan bunuh diri.

Baca Juga  Bahaya Gorengan Terhadap Kesehatan Jantung dan Solusinya

Untuk itu sangat penting melakukan deteksi dini terhadap seseorang yang terindikasi bipolar. Hal ini disebabkan karena pasien bipolar memerlukan terapi obat yang harus rutin diminum agar menghindarkan percobaan melakukan bunuh diri. Dengan pemberian obat, maka mood atau suasana hati pasien bipolar bisa terjaga dengan baik.

Artikel Terkait : Mengapa Wanita Lebih Mudah Cemas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *