Apa Yang Menyebabkan Jari Sering Kram ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang sudah berusia 30 tahun ke atas mungkin pernah merasakan nyeri dan kaku pada bagian betis terutama saat digerakkan. Bagi sebagian orang juga ada yang merasakan rasa sakit yang sangat pada bagian jari kaki dan disertai dengan rasa kaku. Kondisi ini kita kenal dengan sebutan kram.

sumber gambar : metrotvnews.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kondisi otot yang mengalami kram lebih disebabkan karena aktivitas otot yang berlebihan.

Meskipun demikian, kram juga perlu diwaspadai apabila rasanya semakin memburuk. Bagi anda yang sering kali merasakan kram, maka bisa jadi adanya tanda keadaan medis yang berhubungan dengan sistem saraf atau sirkulasi.

Baca Juga : Penyebab Kaki Sering Kram Pada Saat Tidur

Memang kebanyakan kram yang sering terjadi bukanlah indikasi gangguan kesehatan yang berbahaya. Biasanya kondisi ini bisa sembuh dengan dilakukan pengobatan sendiri.

Baca Juga  Mampukah Otak Manusia Berkembang Pada Usia Dewasa ?

Ada beberapa kondisi yang memicu kram pada jari-jari kaki, diantaranya adalah aktivitas yang berlebihan, dehidrasi dan terjadi penurunan mineral dalam tubuh yang mencakup kalsium, potasium dan magnesium.

Misalnya saja saat kita berolahraga, maka ada banyak mineral yang dikeluarkan tubuh untuk menunjang kinerja otot. Saat kondisi mineral tubuh turun, maka akan memicu kontraksi atau spasme pada otot.

Aliran darah yang kurang lancar juga bisa menyebabkan jari-jari kaki kita sering merasakan kram. Kebiasaan ini bisa dipicu oleh seringnya menggunakan alas kaki yang kurang besar atau terlalu sempit.

Baca Juga  Kebiasaan di atas Tempat Tidur Dapat Mempercepat Keriput

Bagi anda yang sudah berusia lanjut, maka berpotensi untuk lebih sering merasakan kram pada kaki. Kondisi ini disebabkan karena kadar kalsium dan elastisitas pada otot yang sudah menurun.

Jadi sering merasakan kram pada kaki sebenarnya bisa kita cegah dengan cara melakukan hal kecil seperti tidak menggunakan sandal atau sepatu yang tidak nyaman, menghindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi dan lebih sering menggunakan sepatu yang mempunyai alas kaki datar.

Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga hidrasi tubuh tetap normal. Jika anda suka olahraga, maka sebaiknya minum elektrolit dan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan kalsium dan potasium.

Baca Juga  Penyebab Perut Buncit Pada Wanita Selain Faktor Makanan

Selain itu juga tidak disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi. Dengan mengurangi tekanan yang berlebihan pada otot, maka bisa menurunkan resiko kram otot. Namun bagi anda yang mempunyai gaya hidup kurang gerak, maka sebaiknya mulai membuat jadwal waktu olahraga secara rutin untuk memperlancar peredaran darah anda.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Sering Kram ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *