Apa Yang Menyebabkan Bayi Sembelit ?

header niko 728 x 90

bayi sembelit

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu yang bayinya mengalami sembelit pasti akan merasa panik. Apalagi bagi mereka yang baru mempunyai seorang anak. Sembelit memang identik terjadi pada orang dewasa, namun ternyata seorang bayi juga rentan mengalami sembelit. Apa yang menyebabkan bayi sembelit ?

Menurut salah seorang profesor yang melakukan penelitian terhadap kesehatan anak yang bernama Jane Morton, MD, dia mengatakan bahwa sebenarnya setiap bayi mempunyai jadwal pub yang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh bayi. Untuk itu seorang ibu harus mengetahui kapan jadwal pub anaknya.

Apalagi sering kita jumpai seorang bayi yang tidak mendapatkan ASI secara eksklusif. Sering terjadi perbedaan jadwal pup antara bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI. Biasanya seorang bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif, maka lebih sering pub saat dia setelah makan.

Baca Juga  Fenomena Ereksi Pada Pria Muda Yang Sering Terjadi Pada Pagi Hari

Kabar gembira bagi anda yang mempunyai bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, maka menurut Jane lebih jarang mengalami sembelit dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Untuk mengetahui seorang bayi mengalami sembelit, maka orang tua harus memperhatikan jadwal pup dan konsistensi dari pup bayi. Apabila bayi melakukan pup pada waktu yang tidak biasa, maka bisa jadi bayi anda mengalami sembelit. Selain itu konsistensi pup bayi biasanya juga lebih kecil dari biasanya.

Selain itu, untuk mengetahui seorang bayi mengalami sembelit maka orang tua harus melihat perubahan warna pup bayi. Apabila seorang bayi selama lima hari tidak melakukan pup berwarna kuning cerah, maka bisa jadi bayi anda mengalami sembelit, ujar Jane. Disamping itu jika seorang bayi tidak mau makan, bisa juga menjadi tanda bayi mengalami sembelit.

Baca Juga  Cara Membaca Kepribadian Wanita Yang Suka Duduk Dengan Posisi Kedua Lutut Bertemu

Lantas ada banyak pertanyaan yang muncul, apa sebenarnya yang menyebabkan bayi mengalami sembelit ?. Menurut Jane Morton, setiap bayi yang mengalami sembelit mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Bisa jadi seorang bayi mengalami sembelit dikarenakan faktor terhadap jenis susu formula tertentu.

Bagi seorang bayi yang berusia 6 bulan ke atas, sembelit bisa disebabkan karena faktor makanan yang dimakan. Bayi yang berusia 6 bulan ke atas, biasanya sudah mulai mendapatkan makanan yang lebih padat yang bisa memicu sembelit. Hal ini sering terjadi saat seorang bayi mengkonsumsi pisang atau bubur nasi dalam jumlah yang banyak.

Salah satu tips yang sangat efektif mengatasi bayi yang sembelit adalah dengan menghentikan jenis makanan yang bisa menimbulkan sembelit pada bayi. Selain itu seorang ibu juga bisa memberikan bayi dengan berbagai jenis sayuran dan buah seperti pir dan brikoli. Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk bubur.

Baca Juga  Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

Apabila anda sudah berusaha mengatasi bayi anda yang mengalami sembelit namun belum kunjung sembuh juga, maka sangat disarankan untuk membawa anak anda ke dokter. Biasanya seorang dokter akan memberikan obat untuk memperlancar pup bayi anda secara aman.

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *