Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dalam ilmu kesehatan, tidur ditempatkan pada posisi yang sangat penting. Bahkan tidur bisa seperti makan sehat yang sangat diperlukan olah tubuh. Artinya jika tubuh kita kurang tidur, maka akan ada banyak gangguan yang terjadi dalam tubuh kita.

 

Fenomena yang terjadi pada orang sekarang ini adalah banyak yang kurang durasi tidur. Kondisi ini lebih banyak disebabkan karena tingginya aktivitas pekerjaan yang memicu stres. Bayangkan saja sekarang ini banyak orang yang berangkat pagi untuk bekerja dan pulang malam. Ini adalah waktu yang terlalu lama bagi tubuh untuk beraktivitas sehingga membuat tubuh menjadi kelelahan.

bahaya-kurang-tidur

sumber gambar : www.fimadani.com

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau jam tidur atau durasi tidur orang sekarang lebih sedikit sekitar 1 jam lebih. Hal ini berbeda dengan orang-orang yang hidup pada 100 tahun yang lalu.

Ini menjadi hal yang negatif bagi kesehatan orang jaman sekarang. Orang yang melakukan tidur kurang dari 7-8 jam pada malam hari tidak hanya menyebabkan badan terasa capek, ngantuk pada siang hari, sulit fokus. Namun lebih dari itu bisa memicu banyak penyakit berbahaya.

Baca Juga  Kasur Yang Mahal Bukan Jaminan Bisa Tidur Dengan Nyenyak

Berikut bahaya yang akan terjadi pada tubuh kita jika kurang tidur pada malam hari :

1. Tidak fokus dan gangguan memori

Dampak buruk pertama orang yang kurang tidur adalah akan mengalami penurunan fungsi kognitif dan memori otak. Mereka akan kesulitan untuk berkonsentrasi, kemampuan belajar menurun dan memori otak juga mengalami penurunan.

Saat manusia melakukan tidur, maka akan terjadi suatu proses konsolidasi memori dan kemampuan fungsi otak. Dampaknya adalah memori kita akan berjalan dengan baik dan mempunyai kemampuan pemahaman yang baik pula.

2. Suasana hati memburuk

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau orang yang mengalami kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan gangguan kecemasan dan mudah depresi. Hal ini akan membuat kita mudah sekali untuk stres.

Berbeda saat kita melakukan tidur malam dengan durasi yang cukup, maka saat bangun kita akan merasakan badan yang segar, pikiran yang fresh dan optimisme yang tinggi. Kondisi inilah yang membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia.

3. Kulit menjadi suram dan mata berkantong

Baca Juga  Banyak Makan Bisa dipengaruhi Oleh Kurang Tidur

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Cleveland menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur akan menyebabkan kulit menjadi suram dan mata menjadi berkantong. Dengan kata lain kurang tidur membuat kita cepat keriput.

4. Nafsu makan Anda akan meroket

Seseorang yang kurang tidur pada malam hari akan menyebabkan nafsu makan yang meningkat. Ini bukan menjadi indikasi yang baik bagi kesehatan. Kita akan didorong untuk banyak makan sehingga memicu obesitas dan peningkatan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

5. Metabolisme melambat

Pada orang-orang yang sering kali melakukan tidur malam kurang dari 7-8 jam, maka bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat. Perlambatan metabolisme ini bisa memicu obesitas dan banyak penumpukan lemak. Dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan resistensi insulin yang meningkatkan resiko diabetes.

Baca Juga : Bahaya Pria Yang Kurang Tidur Bisa Memicu Diabetes

6. Mengganggu kesehatan jantung

Bahaya ke enam saat kita kurang tidur adalah bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Hal ini akan terbukti saat kita kurang tidur, maka denyut nadi akan terasa lebih cepat karena tubuh kurang oksigen akibat tidur yang kurang.

Baca Juga  Apakah Stres Bisa Memicu Diabetes ?

Pada kondisi ini akan menyebabkan resiko tekanan darah menjadi tinggi yang memperburuk kondisi kesehatan jantung. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan serangan jantung mendadak yang bisa berujung pada kematian.

7. Kinerja atletik menurun

Saat kita melakukan kurang tidur pada satu malam saja, maka saat bangun pagi hari akan terasa malas untuk melakukan aktivitas terlebih lagi olahraga. Yang lebih buruk lagi adalah kurang tidur bisa menyebabkan kita menurun hasrat seksualitas.

8. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Yang paling berbahaya jika seseorang kurang tidur pada malam hari adalah menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Jika ini terjadi maka jenis penyakit apapun akan sangat mudah untuk masuk dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Beberapa Penyakit Yang disebabkan Karena Sering Begadang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *