Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Vitamin C memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk mencegah terhadap berbagai penyakit.

Meskipun demikian, bukan berarti kita boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Mengkonsumsi vitamin C terlalu banyak mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan manusia.

Secara umum ada beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan karena kelebihan konsumsi vitamin C seperti masalah pencernaan, sering mengalami kram perut, sering sakit kepala, mual, muntah dan diare.

Baca Juga : Sering Mengalami Depresi Juga Bisa disebabkan Karena Kekurangan Vitamin B12

Beberapa masalah kesehatan tersebut terjadi lebih disebabkan karena pengaruh keasaman tubuh yang terlalu tinggi yang dipicu oleh jumlah asupan vitamin C yang sangat tinggi.

Baca Juga  Dampak Negatif Jika pH Tubuh Terlalu Asam

Konsumsi vitamin C dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan efek toksik bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena sumber makanan yang kaya vitamin C juga biasanya disertai dengan kandungan zat besi.

Jadi jika terlalu banyak asupan vitamin C dalam tubuh seseorang, maka akan menyebabkan keracunan pada berbagai organ vital tubuh seperti jantung, hati dan pankreas.

Baca Juga  Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan

Bagaimana jika kita sering mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen ?. Jika anda sering kali mengkonsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan maka bisa mempengaruhi produksi hormon progesteron dalam tubuh.

Bahkan kondisi ini tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan akan memicu terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Lantas berapa takaran vitamin C yang direkomendasikan oleh para pakar kesehatan ? Disarankan mengkonsumsi vitamin C antara 65 sampai 90 mg dalam sehari. Jika melebihi takaran tersebut, maka akan beresiko terhadap kesehatan kita.

Baca Juga  Cara Mengencangkan Vagina Yang Kendor Tanpa Operasi

Artikel Terkait : Hindari Konsumsi Vitamin C Dalam Dosis Yang Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *