Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Berhenti Makan Nasi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Jenis makanan seperti nasi, roti dan mie merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Meskipun demikian, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Tubuh manusia memang memerlukan asupan karbohidrat, namun dalam mengkonsumsinya tentu harus dibatasi. Batasan yang dianjurkan dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah sekitar 45 sampai 65 persen dari energi total perhari. Jumlah tersebut sudah mencakup makan nasi, kue, roti, mie dll.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada banyak manfaat positif bagi tubuh jika kita bisa mengurangi asupan karbohidrat sederhana yang banyak terkandung dalam nasi, roti, mie dan jenis makanan manis lainnya, diantaranya :

– Pembakaran lemak
Dengan membatasi asupan karbohidrat, maka kita bisa mengurangi asupan kalori dalam tubuh kita. Kondisi ini akan membuat tubuh lebih banyak membakar lemak yang banyak tersimpan dalam tubuh untuk sumber energi.

Baca Juga  Tonton Video Penyebab BPJS Mengalami Defisit Secara Terus Menerus Tahun 2017

Tips agar proses pembakaran lemak dalam tubuh berjalan lebih cepat adalah dengan melakukan olahraga sebelum melakukan sarapan. Dengan begitu tubuh kita akan banyak membakar timbunan lemak dan bukan membakar makanan yang baru kita konsumsi.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Kita Gemuk

– Tidak mudah lapar
Salah jika anda beranggapan kalori akan menyebabkan kita merasa kenyang. Namun jenis nutrisi yang kaya kandungan protein, serat dan lemak sehat yang bisa membuat kita kenyang. Saat kita banyak konsumsi makanan yang kaya kandungan karbohidrat sederhana saja, maka tubuh kita akan cepat merasa lapar kembali dan membuat kita lebih banyak makan.

– Perut lebih cepat rata
Saat kita mampu membatasi asupan nasi atau karbohidrat sederhana yang akan terjadi selanjutnya adalah perut menjadi lebih rata. Saat seseorang lebih banyak makan karbohidrat sederhana, maka akan membuat bakteri tidak sehat dalam usus menjadi lebih banyak. Kondisi ini akan menyebabkan perut anda menjadi kembung dan terlihat lebih besar.

Baca Juga  Pola Belajar Yang Membuat Anak Malah Bodoh

– Menekan risiko penyakit
Gula adalah salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Jika kita terlalu banyak konsumsi gula, maka akan memicu peningkatan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Jika hal ini berlangsung terus-menerus, maka akan menyebabkan resistensi pada insulin yang memicu penyakit diabetes.

Untuk bisa mencegah kenaikan kadar gula dalam darah, maka sebaiknya kita lebih memilih jenis karbohidrat kompleks seperti beras merah, oat, gandum dan jenis kue tradisional yang terasa lebih sulit saat dikunyah.

Dengan kadar gula darah yang normal, maka akan membuat jumlah insulin dalam tubuh kita berada pada jumlah yang normal sehingga tidak menyebabkan resistensi pada insulin.

Baca Juga  Apa Saja Yang Harus dilakukan Agar Memiliki Ginjal Yang Sehat ?

– Otot semakin kuat
Manfaat selanjutnya jika kita mengurangi asupan nasi atau karbohidrat sederhana adalah bisa membuat otot semakin kuat. Kondisi ini akan membuat tubuh kita semakin berisi dan atletis.

– Lebih berenergi
Mengkonsumsi jenis makanan yang kaya kandungan karbohidrat kompleks, akan membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama sehingga lebih berenergi. Kondisi ini akan membuat kita tidak mudah lelah dan mengantuk.

Artikel Terkait : Punya Badan Gemuk Bisakah Tetap Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *