Apa Tandanya Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok ?

header niko 728 x 90

kepala pusing saat menstruasi

InspirasiBersama.com – Tidak dapat kita pungkiri bahwa yang namanya kontrasepsi tidak semuanya cocok bagi setiap orang. Ada sebagian orang yang hanya cocok dengan jenis kontrasepsi tertentu saja. Kondisi ini dianggap normal karena memang metode kontrasepsi bukan merupakan ukuran yang standar yang bisa cocok bagi setiap orang. Lantas apa tandanya kalau kontrasepsi yang kita gunakan tidak cocok ?.

Berikut beberapa tanda kalau kontrasepsi yang kita gunakan kurang cocok bagi tubuh kita :

Baca Juga : Cara Mengenal Menstruasi Yang Tidak Sehat

– Menstruasi berlebihan
Tanda pertama kalau kontrasepsi yang kita gunakan tidak cocok adalah terjadinya menstruasi yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan haid yang tidak teratur, darah yang dilekuarkan saat haid banyak, terjadinya flek-flek. Sering kali kita melihat para wanita yang baru menggunakan alat kontrasepsi mengalami gejala yang demikian.

Baca Juga  Tips Menggunakan Lipstik Agar Warnanya Bertahan Lama

Menurut seorang ahli, kondisi menstruasi yang berlebihan atau tidak teratur itu biasanya terjadi dalam waktu yang tidak lama. Hal ini menjadi sebuah efek samping penggunaan kontrasepsi. Biasanya setelah dua atau tiga bulan kondisi itu akan kembali normal kembali seperti biasanya. Jika ternyata kondisinya tidak berubah setelah lebih dari tiga bulan, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

– Mual
Tanda kedua kalau kontrasepsi yang kita gunakan kurang cocok dengan tubuh kita adalah adanya rasa mual. Sebenarnya reaksi mual menjadi hal yang normal terjadi. Hal ini disebabkan karena secara normal wanita yang hamil akan merasakan mual, begitu juga sebaliknya dengan menggunakan kontrasepsi untuk mencegah hamil maka juga akan menyebabkan rasa mual. Namun jika anda menggunakan kontrasepsi pil KB dan mengalami mual, maka disarankan untuk menggunakan dosis yang paling rendah dan usahakan minum sebelum kita tidur.

Baca Juga  Ternyata Memeluk Anak Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

– Kegemukan atau obesitas
Sering kali kita melihat dan mendengar seorang wanita yang mengaku berat badannya meningkat setelah menggunakan kontrasepsi. Biasanya kondisi ini lebih sering dialami oleh mereka yang menggunakan pil KB.

Memang benar penggunaan alat kontrasepsi menggunakan pil KB memicu kegemukan atau obesitas pada wanita. Meskipun demikian banyak dokter yang tidak menyampaikan hal ini kepada para pasien. Untuk itu jenis kontrasepsi pil KB kurang cocok bagi seorang wanita yang memiliki berat badan agak berlebih.

– Mood naik turun
Tahukah kita bahwa naik turunnya mood kita saat menstruasi bisa menjadi tanda kalau kontrasepsi yang kita gunakan tidak cocok. Sebenarnya saat menjelang menstruasi normal terjadi perubahan mood, namun jika naik turun mood berlangsung lama sekitar satu bulan, maka bisa menjadi indikasi kalau kontrasepsi yang kita gunakan kurang cocok.

Baca Juga  Tips Agar Bangun Tidur Terasa Lebih Bahagia

– Sakit kepala
Tanda terakhir kalau kontrasepsi yang kita gunakan kurang cocok adalah munculnya rasa sakit pada kepala. Kondisi ini disebabkan karena faktor hormonal akibat penggunaan kontrasepsi. Biasanya kondisi ini sering dialami oleh mereka yang menggunakan kontrasepsi pil KB. Kita tahu bahwa kontrasepsi jenis pil KB mempunyai banyak pilihan merek serta dosis yang bisa dipilih oleh seorang wanita.

Artikel Terkait : Apakah Miss V Yang Berbau Termasuk Normal 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *