Apa Tandanya Jika Anak Mempunyai Gizi Yang Buruk

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Gizi buruk pada anak tidak selalu identik dengan badan yang kurus. Menurut para pakar kesehatan gizi mengatakan bahwa untuk mendiagnosa seorang anak mengalami gizi yang buruk, ada beberapa hal yang harus dilakukan analisa.

Hal pertama yang harus diketahui adalah pola makan anak. Apakah pola makan yang dikonsumsi sudah mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika seorang anak ternyata memang jarang makan, maka kemungkinan besar nutrisi yang dihasilkan juga akan kurang yang menyebabkan status gizinya menjadi buruk.

sumber gambar : www.dailymail.co.uk

Seorang anak yang mengalami gizi buruk juga bisa disebabkan karena adanya penyakit yang menyertai. Untuk mengetahuinya kita memerlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Baca Juga  Apa Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang ?

Untuk menganalisa suatu penyakit, maka kita perlu memperhatikan bentuk fisik anak mulai dari ujung kepala sampai kaki. Kita mulai dari bagian paling atas yaitu kepala, apakah rambut anak tergolong pirang dan mudah untuk kita cabut ?.

Saat kita perhatikan matanya, apakah mata berbentuk cekung ?. Dari bentuk wajah anak yang mengalami gizi buruk akan tampak kendur sehingga seperti orang tua.

Baca Juga : Pola Makan Anak Akan Meniru Orang Tuanya

Selanjutnya kita amati dadanya, apakah tulang pada iga mengalami penonjolan ?. Selanjutnya ditandai dengan kulit yang kendur, kering, bersisik dan otot-otot yang terlihat kecil. Selain itu biasanya juga mengalami perut yang buncit.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Cerdas Cenderung Panjang Umur ?

Mengapa anak yang mengalami gizi buruk memiliki perut yang buncit ?. Menurut para pakar kesehatan mengatakan hal ini disebabkan karena adanya cairan terembesan yang berasal dari pembuluh darah.

Bocornya cairan pada pembuluh darah tersebut disebabkan karena kurangnya asupan protein. Protein yang cukup akan membuat cairan dalam pembuluh darah tetap terjaga.

Baca Juga  Dampak Negatif Suka Menggigit Kuku

Selain beberapa hal yang telah disebutkan tadi, untuk mengetahui anak memiliki gizi yang buruk bisa diketahui dengan melihat grafik tinggi badan dan berat badan si anak.

Artikel Terkait :Beberapa Tanda Anak Bergizi Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *